Direktorat PTKI Membentuk Penguatan Moderasi Beragama bersama LPM Se-Indonesia

LPM PTKI se-Indonesia bersama Direktorat PTKI dalam kegiatan Challenge Moderasi Beragama. (Sumber: ist)

Suarakampus.com- Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Republik Indonesia, melanjutkan semangat Penguatan Moderasi Beragama Lembaga Mahasiswa dengan menggelar Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) PTKI Challenge 2023. Kasubid Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag RI, Nur Shoib, membuka acara di Hotel Rayality Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis malam (14/12).

Shoib menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 14 sampai 15 Desember, bertujuan memperkuat kapasitas LPM dalam menciptakan karya jurnalistik yang mengusung nilai moderasi beragama. “Saya yakin Pers Mahasiswa merupakan salah satu lembaga mahasiswa yang sangat berpengaruh dalam menyampaikan gagasan moderasi beragama di lingkungan kampus,” ujarnya.

Dalam Challenge 2023 ini, 180 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ikut berpartisipasi, mengikuti kategori lomba Opini, Esai, Feature, Video, Website, dan Media Sosial. Partisipasi dilakukan melalui pengumpulan pada g-form selama dua minggu terakhir.

Shoib berterima kasih kepada semua peserta yang telah ikut andil dalam kegiatan tersebut, dan berharap semakin banyak yang antusias untuk mengikuti kegiatan serupa di masa mendatang. Adapun LPM yang berhasil meraih juara di antaranya; LPM Mahasiswa IAIN Manado, LPM LOCUS UIN Raden Mas Said Surakarta, LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban untuk kategori Opini. 

Sementara itu, pemenang kategori Feature diraih oleh LPM STAI Babussalam Sula, LPM Dinamika UIN Sumatera Utara, LPM Al-Itqan UIN Sjekh M. Djamil Djambek Bukittinggi. Kemudian kategori Fotografi dimenangkan oleh LPM UIN Raden Intan Lampung, LPM Locus UIN Raden Mas Said Surakarta, LPM Ibrahimy Genteng IAI  Banyuwangi. 

Kemudian, untuk kategori video pendek LPM Al-Mizan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, HMPS Komisi Penyiaran Islam IAIN Ternate, LPM Solidaritas UIN Sunan Ampel Surabaya. Dan terakhir kategori website terbaik LPM Institut UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan LPM Washilah UIN Alauddin Makassar. 

Acara tersebut dihadiri oleh 40 LPM, masing-masing diwakili oleh satu orang sebagai nominasi 5 dan 10 besar. “Sebanyak 14 LPM meraih juara dengan predikat 1, 2, dan 3, menandai kesuksesan acara tersebut,” tutupnya.  (una)

Wartawan: M. Abdul Latif

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Festival Serak Gulo kembali Hadir

Next Post

Landasan Kepenulisan Menurut Pendiri Alif.id: Memahami Esensi Literasi dan Ide Gagasan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty