Euro 2020: Tiga Tim Lolos Babak 16 Besar, Juara Bertahan di Ujung Tanduk

Ilustrasi Daftar Tuan Rumah Euro 2020 (Foto: Getty Image)

Suarakampus.com- Pertandingan kedua masing-masing grup Euro 2020 telah usai, Minggu (20/06). Tercatat, tiga tim sudah dipastikan lolos ke fase selanjutnya, yakni Italia, Belgia dan Belanda.

Tergabung di Grup A, Italia berhasil menjadi pemuncak klasemen sementara dengan perolehan enam poin. Begitupun Belgia dan Belanda yang berhasil menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Di laga terakhir, Gli Azzuri akan menghadapi Wales yang saat ini bertengger di posisi dua dan masih memperoleh empat poin, lalu Belgia menjamu peringkat tiga sementara Grup B, Finlandia. Sementara itu, Wijnaldum dan kawan-kawan bersua dengan juru kunci Grup C, Makedonia Utara.

Laga Penentuan
Tim Elit Benua Biru, seperti Inggris dan Spanyol masih belum menunjukkan tajinya di ajang empat tahunan tersebut.

Spanyol tertunduk lesu setelah hanya meraih hasil imbang 0-0 kontra Swedia (Foto: Twitter Euro 2020)

The Three Lions saat ini baru mendulang empat poin, lewat kemenangan tipis 1-0 atas Kroasia dan imbang 0-0 vs Skotlandia. Baru mencetak satu gol tentunya menjadi tanda tanya besar bagi skuat Inggris. Pasalnya, mereka memiliki penyerang cukup mematikan seperti Harry Kane, Marcus Rashford dan Jodan Sancho.

Tim Spanyol lebih parah lagi, di mana tim asuhan Luis Enrique itu baru meraih dua poin, hasil dari dua kali imbang kontra Swedia dan Polandia. Seperti halnya Inggris, Spanyol juga krisis kreativitas dalam mencetak gol.

Di laga penentuan, Inggris menghadapi tim kuda hitam Euro 2020, Republik Ceko, sedangkan La Furia Roja, julukan Spanyol akan menghadapi Slowakia. Kedua laga tersebut bakal tersaji Rabu (23/06) mendatang, tentunya mereka menargetkan kemenangan agar menjaga asa lolos ke fase selanjutnya.

Juara Bertahan di Ujung Tanduk
Sementara itu, persaingan sengit terjadi di Grup neraka. Keempat tim masih berpeluang lolos ke fase selanjutnya, yakni Prancis, Jerman, Portugal dan Hungaria.

Teranyar, Portugal ditundukkan tim tuan rumah Jerman dengan skor 4-2. Kendati di laga awal berhasil menundukkan Hungaria, langkah Portugal selanjutnya akan berat di mana mereka akan menjamu Juara Piala Dunia 2018, Prancis.

Ada kemenangan Jerman atas Portugal dalam hasil Euro 2020 tadi malam (Foto: AP/Philipp Guelland)

Kemenangan dan hasil imbang setidaknya akan memperpanjang nafas sang Jawara Euro 2016 itu. Jika kalah, Selecao De Quinaz tentunya masih berpeluang meraih peringkat tiga terbaik. Namun, berkaca di grup lainnya hal tersebut merupakan langkah berisiko dan cukup sulit.

Diketahui, Portugal menjadi kampiun Euro sebelumnya dengan melewati kisah cukup heroik: Lolos sebagai salah satu peringkat tiga terbaik, hanya sekali menang dalam 90 menit pertandingan (Vs Wales di Semifinal), serta memastikan juara setelah menundukkan tim tuan rumah Euro 2016, Prancis.

Kendati demikian, langkah Portugal ke fase knockout bergantung pada pertandingan lainnya, yakni Hungaria vs Jerman. Jika Portugal dan Jerman menelan kekalahan, maka sudah dipastikan Portugal menjadi juru kunci. Meskipun kecil kemungkinan, Tim Hungaria tidak dapat dipandang sebelah mata setelah berhasil menahan imbang Prancis di laga sebelumnya.

Dari skenario yang dipaparkan di atas, akankah Ronaldo Cs maju ke fase selanjutnya dan berhasil mempertahankan gelar. Menarik untuk disimak.

Wartawan: Ahmad Fernanda

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bingkai Luka

Next Post

Romantisme Mancini dengan Gli Azzuri Berlanjut di Ajang Euro 2020

Related Posts
Total
0
Share