HMJ Tadris Fisika Adakan Kompetisi Tingkat SLTA/MA dan PT se-Sumatera

Suasana pelaksanaan Competition of Islamic Science 5 yang diadakan oleh HMJ Tadris Fisika FTK UIN IB Padang (Foto: Rafli/suarakampus.com)

Suarakampus.com– 300 peserta mengikuti Competition of Islamic Schince 5, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan ini diadakan di Gedung Auditorium, pada Rabu (26-27/10) mendatang.

Selaku Ketua Panitia, Wahyu Kurniawan mengatakan bahwa acara itu tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UIN IB saja, namun juga dimeriahkan oleh siswa dari luar Sumatera. “Peserta ada dari Sumbar hingga luar Sumbar,” sampainya.

Lanjutnya, ada perbedaan dalam pelaksanaan COIS tersebut bila dibandingkan dengan tahun kemarin. “Tahun lalu hanya olimpiade, sekarang ada cerdas cermat juga,” lanjutnya.

“Namun cerdas cermat hanya diikuti oleh mahasiswa saja” sambungnya.

Selain itu, Wahyu mengungkapkan ada tiga babak di dalam perlombaan ini yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan diakhiri dengan babak final. “Tentu saja peserta bakal melewati tiga tahapan itu,” sebutnya.

Kendati demikian, Wahyu menyampaikan kompetisi tersebut bakal diadakan piala bergilir yang nantinya akan diberikan oleh Gubernur Sumbar. “Menariknya, piala pemenang diberikan langsung oleh Gubernur Sumbar kepada sang juara,” katanya

Kemudian, Ketua HMJ Tadris Fisika Ferry menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh mahasiwa tingkat nasional. “Pelaksanaan COIS sekarang pesertanya bertaraf nasional,” ucapnya.

Ia berharap, di tahun selanjutnya kompetisi tersebut dapat merambat peserta di kancah internasional. “Semoga tahun depan bisa diikuti oleh peserta tingkat internasional,” harapnya.

Adapun Ketua Jurusan (Kajur) Tadris Fisika Prima Aswirma mengatakan, pengadaan perlombaan ini sangat penting dilakukan. “COIS ini tentunya sangat penting diadakan mampu menguji kemampuan siswa/mahasiswa terkait fisika,” katanya.

Ia berharap, kompetisi tersebut bisa dilakukan secara internasional. “Semoga tahun besok pesertanya bertaraf internasional,” harapnya. (nsa)

Wartawan: Rafli Ferdian Putra (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

FS Rancang Kepindahan Awal November, Dekan: Menunggu Aba-aba dari Rektorat

Next Post

Lakukan Terobosan Baru, HMP PGMI Adakan AISCop Tingkat SD dan MIN se-Kota Padang

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat