Keamanan Data Pribadi Harus Diperhatikan Ketika Bersosial Media

Suarakampus.com- Peneliti Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Sheivierra Danmadiyah menyebut keamanan data pribadi di internet menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam bermedia sosial. Hal itu disampaikannya dalam webinar bertajuk Hak Privasi Data Pribadi Kaitannya dengan Sosial Media bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Selasa (12/01).

Sheivierra mengatakan media sosial dapat menjadi wadah diskusi sekaligus tempat menyebarkan informasi, namun penyebaran informasi tersebut dapat mengancam privasi data. “Walaupun media sosial banyak memberikan manfaat tapi pengamanan data pribadi harus diperhatikan dengan bijak,” katanya.

Cara terbaik agar data pribadi tidak diretas dengan membuat akun media sosial yang menggunakan nama asli, tidak menyediakan informasi melebihi apa-apa yang dibutuhkan dan mengetahui langkah-langkah seorang peretas.

“Berhati-hati dalam pemilihan foto, perhatikan IP adres, pilih pasword yang aman, mengecek kebijakan privasi, mengubah setelan privasi, buatlah akun media sosial yang sesuai kebutuhan dan jika akun kita terindikasi teretas maka beralih ke email untuk mengamankan data,” jelasnya

Sementara itu, Indra Suryani mengungkapkan mayoritas yang menjadi sasaran dan korban kriminalitas digital adalah perempuan. Cara mengantisipasinya dengan mengurangi penyebaran data pribadi di media sosial.

“Kita harus memastikan ada pengamanan siber pada aplikasi yang kita gunakan karena komnas HAM di Indonesia sangat menekan masalah terhadap kebocoran data pribadi,” papar aktivis Hak Asasi Manusia LBH Padang itu.

Wartawan: Vivi Zalya Amanda (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Beberapa Benda yang Tidak Boleh Dilupakan Ketika Touring

Next Post

Rekomendasi Aplikasi Video Conference Selama Pandemi

Related Posts