Beberapa Benda yang Tidak Boleh Dilupakan Ketika Touring

Sumber foto: inspirasipagi.id

Touring merupakan suatu kegiatan berkendara yang dilakukan secara bersama-sama. Bagi sebagian orang kegiatan ini menyenangkan, apalagi  dilakukan dengan orang-orang yang satu hobi. Namun, semua hal ini tidak akan terasa sempurna jika tiba-tiba terjadi masalah pada motor, cuaca yang tidak bersahabat, kecelakaan, atau hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi terjadi. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum melakukan kegiatan touring agar perjalanan terasa aman dan menyenangkan.

Berikut penulis paparkan beberapa benda yang tidak boleh bikers lupakan ketika akan touring:

Uang Tunai

Uang tunai merupakan hal yang penting bagi bikers jika di sepanjang perjalanan tidak menemukan ATM atau bank. Gunanya untuk berjaga-jaga ketika ingin membeli makanan atau memasuki tempat wisata.

Tool Kit

Tool kit digunakan pada kendaraan bermotor yang biasanya berisikan obeng, tang, kunci-kunci, selotip, lem besi, lakban, pisau, senter, dan beberapa perangkat penting lainnya. Benda ini akan berguna jika nanti kendaraan mengalami kerusakan kecil sehingga bisa diperbaiki sendiri.

Jas Hujan, Sarung Tangan dan Masker

Semua benda tersebut akan sangat berguna jika nanti  di perjalanan terjadi perubahan cuaca dan hal lainnya. Misalnya, jas hujan diperlukan ketika terjadi hujan, masker berguna karena adanya polusi udara. Ditambah lagi di tengah situasi pandemi saat ini kita diwajibkan selalu mematuhi protokol kesehatan salah satunya memakai masker.

Pakaian Ganti dan Alas Kaki yang Nyaman

Jika menempuh perjalanan yang jauh, sangat disarankan membawa pakaian ganti. Termasuk alas kaki yang nyaman dipakai saat berkendara.

First Aid/P3K

Benda ini wajib dibawa karena sangat diperlukan jika di perjalanan terjadi kecelakaan kecil atau merasa kurang enak badan setidaknya ada pertolongan pertama. Jika bikers memiliki riwayat penyakit tertentu jangan lupa bawa obatnya.

Power Bank

Alat ini tentu sangat berguna untuk mengisi daya smartphone saat tidak menemukan tempat yang bisa mengisi daya baterai. Disarankan membawa power bank dengan kapasitas besar agar tahan lama.

Surat-Surat kendaraan dan Tanda Pengenal

Hal ini juga sangat wajib dibawa oleh bikers, karena jika diperjalanan nanti ada polisi yang memeriksa surat-surat kendaraan.

Air Minum

Sepanjang perjalanan kita tentu tidak bisa memastikan akan selalu ada tempat menjual minuman. Oleh sebab itu, bawalah air minum yang cukup agar di perjalanan tidak merasakan dehidrasi.

Itulah tadi beberapa benda yang tidak boleh bikers lupakan ketika akan touring. Tetap utamakan keselamatan selama perjalanan dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Stay safe sobat pembaca.

Penulis: Wildan Yusro Bintang

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Konflik Lahan Sawit PT. RAP, Komnas HAM Sumbar Upayakan Mediasi

Next Post

Keamanan Data Pribadi Harus Diperhatikan Ketika Bersosial Media

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty