Kerap Eror, TIPD UIN IB Lakukan Perbaikan Akses Portal Akademik

Pihak TIPD tengah memperbaiki portal akademik UIN IB (Sumber: Iqbal/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Penghujung semester ganjil, sejumlah Mahasiswa UIN Imam Bonjol (IB) Padang mengeluhkan portal akademik sering mengalami eror. Mengantisipasi hal ini, pihak Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) melakukan perbaikan, dengan menutup sementara akses portal dan pembayaran UKT pada 20-24 Januari mendatang.

Hal ini dirasakan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, Ruli Hermawan. Ia merasa kecewa saat hendak melihat Lembaran Hasil Studi (LHS), sebab portal mengalami eror. “Kadang ingin melihat nilai di portal namun tidak dapat dibuka,” tuturnya, Kamis (20/01).

Senada dengan itu, Mahasiswi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Teza Desmardifany mengaku dirinya kesulitan mengisi LHS, karena akses yang sulit. “Terkadang link yang dimasukkan sudah benar namun, yang keluar malah berbeda,” katanya.

Untuk itu, ia meminta kampus segera mengatasi permasalahan portal yang sudah sering terjadi, agar mahasiswa bisa dengan nyaman mengakses portal kembali. “Semoga pihak kampus dapat melakukan peningkatan server untuk memudahkan mahasiswa dalam mengaksesnya,” harapnya.

Menanggapi hal itu selaku Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) UIN IB, Zulfentri menjelaskan bahwa portal memiliki penyimpanan dan kemampuan server terbatas dengan kapasitas akses yang tinggi, mengakibatkan mahasiswa gagal dalam mengakses portal.

“Ada sekitar 15.000 mahasiswa yang melakukan pengaksesan saat masa akhir semester,” ucapnya.

Ia menyebutkan, TIDP telah melakukan maintenance sistem untuk mengatasi setiap kali mahasiswa keluhkan hal ini, seperti menambah kapasitas penyimpanan, menyiapkan server baru, serta manajemen bandwidth. “Ini bertujuan agar alokasi data lebih optimal lagi,” sebutnya.

Hal tersebut, kata dia, sudah diantisipasi melalui dikeluarkannya surat edaran rektor B.088/Un. 13/R/B.IV/PP.00.9/01/2022 mengenai Pemberhentian Sementara Layanan Portal Akademik dan Pembayaran UKT Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022.

Lanjutnya, surat edaran ini berhubungan dengan portal yang sedang diperbaiki, sehingga pembayaran UKT juga ikut ditunda. “Pembayaran UKT tidak dapat dilakukan karena pihak bank tidak bisa membaca data mahasiswa,” sambung kepala TIPD itu.

Katanya, mahasiswa harus menunggu sampai akses portal dibuka kembali pada Senin (24/01) mendatang dan telah ditutup pada jam 17:00 sore tadi, hal ini beriringan dengan pembayaran UKT. “Setelah kapasitas penyimpanan ditambah serta diganti dengan server baru, kecil kemungkinan eror portal terjadi,” tutupnya.

Wartawan: Muhammad Iqbal

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Berlayar ke Tengah Samudra

Next Post

24 Pengurus Sema-U Resmi Dilantik, Rektor: Mesti Berkontribusi Penuh

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat