Kopma UIN IB Utus Tiga Anggota untuk Ikut Jamkopnas di Jakarta

Mahasiswa Koperasi yang ikut dalam kegiatan Jamkopnas di Jakarta (Foto: Irvan/Ketua Kopma UIN IB)

Suarakampus.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Imam Bonjol Padang, utus tiga anggota untuk mengikuti Jambore Koperasi Nasional (Jamkopnas) di Jakarta. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai ajang untuk bertukar pikiran antar koperasi yang ada di Indonesia.

Jamkopnas dimulai sejak 31 Juli hingga 3 Agustus 2022 mendatang. Acara dilaksanakan di tiga tempat di antaranya, Kantor Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, dan Graha Wisata Rangunan.

Ketua Umum Kopma Irvan Mandala mengatakan, kegiatan Jamkopnas merupakan agenda tahunan koperasi se-Indonesia, untuk saling bertukar pikiran dengan anggota koperasi kampus lainnya. “Peserta yang tergabung dalam kegiatan ini berasal dari 41 kampus yang ada di Indonesia,” katanya, Minggu (31/07).

“Kampus yang ikut di antaranya yaitu, UIN IB, UNRI, Unila, UGM, UNY, UIN Malang, UIN Bandung, dan lainnya,” tambahnya.

Lanjutnya, Kopma UIN IB mengutus tiga perwakilan dari anggota inti kepengurusan Kopma, seperti ketua Kopma, serta Ketua Bidang (Kabid). “Pemilihan perwakilan disesuaikan dengan potensi dari bidang untuk mengikuti kegiatan tersebut,” ucapnya kepada suarakampus.com.

“Saya memilih Kabid PSDA Helan Pratiwi dan Kabid Usaha Maysarah, karena bidang mereka berpotensi akan itu,” sambungnya.

Kemudian, kata dia Jamkopnas bakal dimeriahkan dengan berbagai cabang perlombaan, serta seminar nasional. “Mengenai biaya kami ambil dari uang kas Kopma,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh suarakampus.com cabang lomba yang bakal dilakukan di antaranya, Kreno Plan, Kreno Smart, Kreno Documentary, Kreno Debate, dan Kreno Duta.

Ia menuturkan, kegiatan tahun 2022 dipercayakan kepada Institut STIAMI Jakarta sebagai penyelenggara dan UIN Jakarta sebagai tuan rumahnya. “Untuk tuan rumah dan penyelenggara kegiatan setiap tahunnya berubah,” terangnya.

“Biasanya FK KMI akan menawarkan langsung siapa yang mau jadi tuan rumah selanjutnya. Jika FK KMI menawarkan Sumatra maka, UIN IB siap mengajukan diri,” tuturnya.

Ia berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut dapat membawa dampak positif untuk koperasi di UIN IB. “Semoga ke depannya terlahir kader koperasi UIN IB yang unggul, dan mampu membawa nama baik kampus ke kancah internasional,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Ifra Wahyuni (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Nine Casino ️ Erhalten Sie 250 Freispiele

Next Post

Kecelakaan Tunggal, Mahasiswa KKN UIN IB Mengalami Kritis di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty