Langkah Awal Mahasiswa Menuju Legislator Masa Depan

Seminar Studium Generale dan Sekolah Legislasi Sema Fakultas Syariah (Foto: Idhar/suarakampus.com)

Suarakampus.com– Peran pemuda pada era 5.0 dituntut untuk bisa memahami persoalan pembuatan Undang-undang (Legislasi) yang menjadi kebutuhan dalam memutuskan suatu kebijakan. Sehingga, demi menunjang hal tersebut, Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar seminar studium generale dan dilanjutkan dengan sekolah legislasi yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah Se- Sumatera.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Dedy Diantolany mengatakan bahwa kegiatan ini disambut baik oleh pemerintah Sumbar. “Kami apresiasi kegiatan semacam ini dan harus ada kegiatan seperti ini pada tahun selanjutnya,” apresiasi Kepala Dispora pada kata sambutannya.

Lanjutnya, sekolah legislasi bisa menjadi pembuka wawasan mahasiswa pada masa sekarang, dan juga bisa menilik perihal legislasi itu. “Sekolah legislasi bisa membuat mahasiswa berperan menjadi legislator di masa depan nanti,” lanjutnya.

Kemudian, kata dia, kegiatan tersebut bisa menjadi jawaban yang diberikan oleh pemuda terhadap masalah-masalah yang ada pada saat sekarang. “Adanya sekolah legislasi ini, diharapkan bisa menciptakan pemuda-pemuda yang memberikan jawaban atas tantangan yang ada,” pungkasnya.

Wakil Dekan II Fakultas Syariah, Azhariah Khalidah menuturkan bahwa tujuan digelarnya sekolah legislasi ini dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang legislasi. “Sekolah legislasi sangat penting untuk mengetahui lebih dalam peran dari legislator di Indonesia sendiri dan dapat menjawab tantangan generasi pemuda yang kritis,” jelasnya.

Adapun, Azhariah menegaskan bahwa kegiatan tersebut memiliki impact yang besar bagi mahasiswa. “Dampaknya sangat positif untuk pengetahuan mahasiswa,” tegasnya.

Selaku Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Irfan menyampaikan, adanya pelaksanaan acara itu bertujuan untuk meningkatkan kompetesi mahaiswa di era 5.0 lewat kegiatan ini. “Kami mengangkat dua kegiatan sekaligus, dan sebagai saran mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan terkait legislasi,” sampainya.

Berangkat dari acara tersebut, dirinya berterima kasih kepada seluruh tamu undangan dan segala pihak untuk mensukseskan acara tersebut. “Saya sangat berterima kasih kepada segala pihak yang ikut serta mengangkat acara ini,”ucapnya. (nsa)

Wartawan: Zaitun Ul Husna (Mg) dan Idhar (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bukan Perihal Akademisi, Anggota DPD RI: Kecakapan Legislator Diperlukan untuk Meningkatkan Kinerja

Next Post

Andika Rinaldo: Pentingnya Pengembangan Jurnalisme Lewat Platform Youtube

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat