Masyarakat Akan Terima Bansos untuk Periode Januari-April 2021

Suarakampus.com- Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan dana bantuan sosial kepada masyarakat mulai hari ini, Senin (04/01). Masyarakat dapat langsung mengetahui apakah menjadi penerima bansos atau tidak melalui website https://dtks.kemensos.go.id/.

Berikut teknis pengecekan penerima bantuan sosial:
1. Melakukan login di https://dtks.kemensos.go.id/
2. Pada dashboard klik pojok kiri tulisan “cek bansos”
3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4. Masukkan kode untuk verifikasi serta klik cari.

Jika Anda bukan penerima bantuan, maka akan muncul tulisan “data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan nama”. Setiap penerima Bansos menerima Rp 300.000/bulan terhitung mulai Januari-April mendatang.

Berdasarkan keterangan di laman kemensos.go.id, bansos tunai di atas disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum menerima bansos serta diberikan kepada anggota keluarga di mana Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Penyalurnya adalah PT. Pos dengan indeks bantuan Rp 300.000 /KPM mulai bulan Januari- April.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa Purnama mengatakan acara penyaluran Bansos 2021 akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. “Insya Allah, akan ada acara penyaluran Bansos 2021 oleh bapak Presiden tanggal 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana Presiden,” kata Asep.

Menanggapi hal itu, warga desa Manggopoh Ujung Utara, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman Leni, mengatakan tidak semua warga yang mendapatkan bansos. “Saya sendiri alhamdulillah dapat untuk bulan Oktober-Desember 2020 lalu, di mana pihak kenagarian menginformasikan tiap-tiap rumah untuk pengambilannya,” katanya.

“Semoga setiap warga yang benar-benar membutuhkan mendapat bansos ini sehingga bisa dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.

Wartawan: Yosi Yusra

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

SMPN 38 Padang Laksanakan Sekolah Tatap Muka

Next Post

Arus Kuat Informasi Media Online Ancam Pemahaman Masyarakat

Related Posts