Memperingati 1 Muharam, Mahasiswa KKN Bersama Pemuda Nagari Lakukan Tablig Akbar

Suasana ketika pelaksanaan lomba yang diikuti oleh 30 peserta di Nagari Sungai Balantiak (Foto: Mahasiswa KKN)

Suarakampus.com- Memperingati 1 Muharam 1444 Hijriah, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Imam Bonjol Padang Nagari bersama pemuda Sungai Balantiak, Kecamatan Akabilura, Kabupaten 50 Kota gelar tablig akbar. Kegiatan tersebut bakal menyajikan berbagai perlombaan untuk memperkuat solidaritas mahasiswa dengan masyarakat nagari.

Ketua Panitia Farel Prihan Doni mengatakan, acara tersebut diperuntukkan kepada anak-anak nagari adapun cabang lomba di antaranya, lomba azan, pidato, dan tahfiz. “Kegiatan ini berlangsung satu hari penuh, paginya kita adakan lomba dan malam nanti baru acara tablig akbarnya,” katanya, Sabtu (30/07).

“Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang dari keseluruhan cabang perlombaan yang ada,” tambahnya.

Lanjutnya, kegiatan yang akan diadakan tersebut dapat hendaknya terlaksana dengan baik agar, menjadi ajang mengembangkan kemampuan anak-anak nagari. “Agenda yang dilakukan hanya sekali setahun hendaknya, dapat dimanfaatkan oleh muda-mudi untuk mengembangkan diri dan mempererat hubungan bermasyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KKN Muhammad Iqbal Hariadi menjelaskan bahwa, kegiatan dibuat sebagai langkah untuk memperkuat solidaritas antara masyarakat dengan mahasiswa KKN di Nagari Sungai Balantiak. “Selain sebagai peringatan 1 Muharam kegiatan ini juga bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat nagari,” jelasnya.

Ia menuturkan, anak-anak dapat menampilkan kemampuannya diri serta mampu bersaing secara sehat lewat perlombaan yang disuguhkan tersebut. “Bukan berbicara menang dan kalah tapi seberapa berani mereka melawan rasa takut, ini juga ajang untuk menampilkan bakat mereka,” tuturnya.

Kemudian, Ketua Karang Taruna Nagari Sungai Balantiak Isral Sani menyebutkan, banyak manfaat dari terselenggaranya kegiatan 1 Muharam seperti, meningkatkan nilai-nilai keimanan di tengah krisis modernisasi. “Penanaman semacam ini yang mesti terus kita pertahankan oleh karena itu, mari kita sukseskan acara kita ini bersama-sama,” pungkasnya.

Ia berharap, kegiatan dapat berjalan lancar hingga akhir nantinya sesuai dengan diharapkan. “Semoga acara baik yang kita lakukan sekarang ini dapat berjalan dengan semestinya,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Nada Asa

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Mahasiswa UIN IB, Elfina Ikut Berpartisipasi dalam Program Kampus Merdeka

Next Post

WR II: Kepindahan Aktivitas Perkuliahan ke Kampus III Tidak Hoax

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat