Sosok Prof. Azyumardi Azra di Mata Orang Terdekat

Sosok Azyumardi Azra (Sumber: Facebook Azyumardi Azra)

Suarakampus.com- Azyumardi Azra merupakan tokoh yang menjunjung tinggi intelektual, banyak kisah perjuangannya menjadi motivasi bagi orang sekitar. Ketua Bidang Kajian PP Iluni UIN IB Padang Adel Wahidi mengatakan, banyak hal baik yang dilakukan almarhum semasa hidup dan itu menjadi kenangan.

“Kebaikan beliau yang sampai sekarang akan terus jadi kenangan buat kita semua,” katanya, Sabtu (24/09).

Sedangkan, menurut Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Sofyan Hadi menuturkan, bahwa Prof. Azra memiliki banyak kenalan dengan berbagai kalangan baik di dalam maupun luar negeri. “Beliau punya reputasi internasional salah satu kenalannya adalah pangeran Inggris Charles,” tuturnya.

Salah seorang temannya Duski Samad menyebutkan, Azra tidak hanya mendedikasikan dirinya untuk intelektual saja, namun beliau juga terus belajar untuk meningkatkan kecendekiwaannya. “Beliau tipikal orang yang tiada hari tanpa belajar, Prof. Azra juga seorang cendekiawan,” sebutnya.

Selanjutnya, salah seorang teman Azra, Awis mengungkapkan bahwa Azra merupakan guru yang baik dan menjadi suri teladan bagi muridnya. “Kita bisa banyak belajar dari beliau dan kita sebagai dosen juga harus menjadi inspirator, serta mewarisi keteladanan beliau,” ungkapnya.

Lalu, Dekan FAH Danil Mahmud Chaniago memaparkan bahwa Prof. Azra merupakan tokoh yang dapat diterima semua kalangan, dan termasuk sosok yang suka membantu mahasiswa juga. “Beliau termasuk tokoh yang kerap kali membantu saya semasa hidupnya,” ujarnya.

Kemudian, Rektor UIN Imam Bonjol Padang Martin Kustati menyampaikan selain sebagai dosen Prof. Azra juga sosok perubahan IAIN menjadi UIN. “Beliau tokoh kunci dalam mendorong transformasi IAIN Imam Bonjol menjadi UIN IB seperti sekarang ini,” ucapnya.

Selain itu, kata dia Prof. Azra punya banyak prestasi yang patut dicontoh di antaranya yang paling banyak adalah tulisan dan karya-karya beliau. “Tulisan dan karya beliau inilah yang menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kita semua,” ujarnya.

Martin berharap, agar amal ibadah beliau diterima di sisi Allah dan apa yang beliau tinggalkan bisa menjadi ladang pahala baginya. “Semoga beliau mendapat tempat di sisi Allah dan segala amal jariahnya selalu mengalir kepadanya,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Muhammad Zakiy (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Jawab Permasalahan Mahasiswa, HMJ BSA Langsungkan Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah

Next Post

24 Awak Redaksi Narasi Terkena Perentasan, Polri Diminta Proaktif

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat