Pasca UAS, Mahasiswa BP 22 Akan Melaksanakan TKD

Sosok Asrina, Kepala UPT Pengembangan Bahasa UIN IB PADANG. (Sumber: Rifda/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Pasca selesai melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS), mahasiswa angkatan 2022 akan melakukan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 6 Juli mendatang.

Kepala UPT Pengembangan Bahasa, Asrina mengatakan pelaksanaan TKD berlangsung di Kampus II Lubuk Lintah, yang akan dikoordinir langsung oleh pihak UPT Pengembangan Bahasa UIN IB. “Kantor kita berada dekat Kampus II, makanya di adakan di sini guna mempermudah pengawasannya,” ujarnya.

Ia menuturkan, tujuan diselenggarakannya TKD itu guna mengetahui kemampuan dasar Mahasiswa dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. “Ke dua bahasa ini menjadi modal utama untuk memanfaatkan literatur Bahasa Asing,” sampainya.

Sambungnya, bahwa tes tersebut merupakan ketentuan Universitas yang dikuatkan oleh Rektor, untuk melihat perkembangan bahasa Mahasiswa UIN IB. “Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti TKD, dianggap tidak lulus,” katanya.

Ia menyampaikan, pelaksanaan TKD tersebut tidak berbayar karena kampus sudah menfasilitasi untuk mahasiswa. “Bagi mahasiswa yang tidak lulus TKD akan diberikan pembekalan secara gratis, namun jika masih tidak lulus akan mengikuti pelatihan lagi dan membayar,” jelasnya.

Kemudian, mahasiswa yang sudah membayar untuk mengikuti pelatihan selanjutnya, namun tetap tidak lulus maka dia wajib mengulang hingga dinyatakan lulus. “Besar biaya yang akan dibayar yaitu Rp.200.000,” ucapnya.

Kemudian, bagi mahasiswa yang memiliki halangan untuk melakukan TKD, akan diberi dispensasi oleh pihak UPT Pengembangan Bahasa jika melapor langsung kepada mereka. “Kami akan menangani setiap kasus, apakah layak atau tidak untuk diberikan dispensasi,” ungkapnya.

Ia berharap, semua mahasiswa yang mengikuti tes bisa mempersiapkan diri lebih baik, dan mendapatkan hasil yang terbaik. “Mudah-mudahan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggrisnya bagus,” harapnya. (una)

Wartawan: Nur Hikmah Nasution (Mg), Rifda Fadhilah Dzikra (Mg), Jaminalti Juli Putri (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Menyikapi Implementasi IJL DAS Kampar Hulu, Gubernur Sumbar Minta Masyakarat Dapatkan Manfaat

Next Post

Manusia

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty