PBAK 2023 Resmi Dibuka, Rektor: Maba Jaga Nama Baik Kampus

Suarakampus.com- UIN Imam Bonjol Padang gelar upacara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk Mahasiswa Baru (Maba) angkatan tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan empat hari, Rabu hingga sabtu (23-24) Agustus mendatang, di kampus II dan Sungai Bangek

Rektor UIN IB Padang, Martin Kustati menyampaikan selamat kepada Maba yang melaksanakan proses PBAK. Rektor  mengatakan seluruh Maba harus menjaga nama baik lembaga di mana pun berada, serta ciptakan berbagai prestasi dalam mengharumkan nama Kampus, baik dalam Akademik maupun non Akademik.

“Dipundak saudara nama besar UIN IB berada, jaga nama baik almamater baik dalam tingkat kota, nasional maupun internasional nantinya,” katanya, Rabu, (23/08).

Kemudian, Martin Kustati juga mengungkapkan tentang keunggulan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Islam dibandingkan kampus lain. Menurutnya, PTN Islam khususnya UIN IB mewadahi mahasiswa dengan dua kompetensi dasar yakni, ilmu keagamaan dan persaingan sains teknologi.

“Kampus UIN Imam Bonjol Padang juga sebagai tempat penanaman karakter akademik oleh mahasiswa sekaligus membentuk mahasiswa beriman kepada tuhan dan  berintelektual tinggi,” paparnya.

Ia berharap agar Maba tahun 2023 bisa memanfaatkan waktu dan fasilitas yang telah disediakan semaksimal mungkin dalam memajukan UIN IB ke arah integritas yang lebih berkompeten. Sehingga visi UIN IB pada tahun 2040 Menjadi Universitas Islam yang Kompetitif di Asean dalam Membangun Masyarakat yang Saleh, Moderat, Cerdas dan Unggul.

“Jalankanlah PBAK selama empat hari ini dengan maksimal, lalui proses dalam pengenalan kegiatan-kegiatan akademik dan non akademik yang ada, serta bersama-sama kita mewujudkan visi UIN IB,” harapnya.

Ketua Pelaksana, Davi Hendri mengatakan ada sebanyak lebih kurang 4.564 Maba yang melaksanakan PBAK Pelaksanaan nya berada di 3 tempat yang berbeda. “Tempat pelaksanaannya di Gedung J dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Kampus III Sungai Bangek. Dan  Gedung Auditorium Prof. Mahmud Yunus Kampus II Lubuk Lintah,” katanya.

Kemudian kegiatan ini adalah waktu eksplorasi diri dan pertumbuhan pribadi, serta memperkenalkan budaya akademik dan kemahasiswaan yang di paparkan di kampus. “Maba akan menerima informasi penting baik itu tentang prodi, Harapan akademik dan sumber daya kampus. Pbak bukan hanya tentang orientasi akademik tetapi juga menciptakan rasa kepemilikan terhadap kampus,” lanjutnya.

Ia berharap PBAK ini akan menjadi awal perjalanan untuk bertanformasi dan mempersiapkan menjadi jiwa intelektual untuk masa depan yang penuh harapan dan potensi. “Semoga ini menjadi awal dari babak yang bermakna serta memuaskan dalam hidup anda,” tutupnya.

Wartawan: Mifa Nurhaliza

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hari Kedua Perkuliahan Semester Ganjil 2023, Mahasiswa UIN IB Nilai Kurang Efektif

Next Post

Hari Pertama PBAK Tahun 2023, Maba FTK Berikan Tanggapan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty