Pentingnya Perguruan Tinggi Islam dalam Membangun Sikap Kewarganegaraan Pancasilais 

Suasana Saat Kuliah Umum Di Gedung J (Sumber: Hikmah/suarakampus.com)

Suarakampus.com Menanamkan sikap pancasilais dan bela negara adalah sebuah tuntutan bagi warga negara Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi dalam acara kuliah umum di Gedung J Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Senin (29/05).

“Generasi sekarang adalah penerus bangsa, oleh karena itu menanamkan sikap bela negara dan pancasilais adalah persoalan kita bersama kususnya bagi perguruan tinggi,” katanya.

Ia mengungkapkan kaum muda harus memiliki semangat bela negara agar Indonesia terhindar dari berbagai konflik, negara di dunia saat inu banyak yang dilanda konflik yang tidak berkesudahan. “Ada Afganistan, Siria, Sudan yang perang antar negara, dan ada juga negara yang tidak ada lagi seperti Uni Soviet, ungkapnya.

Kemudian kata dia, Indonesia adalah mayoritas muslim yang memiliki modal utama rohaniyah, akan mudah menyalurkan edukasi bela negara. “Indonesia ini bangsa yang mengenal Tuhan, bangsa yang nilai nilai spiritual agamanya yang tinggi,” jelasnya.

“Masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) punya pepatah adat basandi syara, syara basandi kitabullah, menjadi nilai-nilai filosofi yang tumbuh di masyarakat sumbar yang menandakan bahwa orang sumbar sangat kental dengan nilai nilai spritualitas,” sambungnya.

Ia juga menyebutkan masyarakat Hindu di daerah Bali yang tidak sepi sepi dengan ritual keagamaan. “Nilai-nilai spiritual inilah yang membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang kokoh”, katanya.

Ia berharap, anak muda zaman sekarang bisa menanamkan sikap pancasilais dan bela negara, juga turut memperdalam ilmu agama. “Menanamkan sikap bela negara tidak kalah penting dengan ajaran agama Islam,” tutupnya. (ifw)

Wartawan: Nur Hikmah Nasution (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Ikuti Berbagai Organisasi Hantarkan Teguh Raih Gelar Bintang Aktivis

Next Post

Hari Pertama Seleksi UM-PTKIN 2023, Sebanyak 825 Peserta Ikuti Tes di UIN IB

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty