Perbedaan Hasilkan Kontestasi Politik yang Berlainan

Dosen Poltekip Kemenkumham, Muh Khamdan saat menyampaikan materi (Foto: Firga/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Dosen Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Muh Khamdan mengatakan Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, sehingga membentuk suatu identitas diri sampai menghasilkan gerakan kolektif dan berujung pada kontestasi. Ia menilai kontestasi tercermin pada politik identitas yang terjadi di Indonesia.

Umumnya di Indonesia, saat berlangsungnya pemilu, muncul kontestasi yang menunjukkan nilai partai tertentu lebih baik dari pada yang lainnya. Sehingga, masyarakat Indonesia diharuskan mempelajari hubungan antara kawan dan lawan dalam kontestasi politik.

Muh Khamdan menjelaskan kontestasi melahirkan kategorisasi ideologi yang membedakan setiap individu berdasarkan identitasnya, hingga akhirnya lahirnya kubu partai nasionalis dan religius. Nasionalis menjunjung prinsip kebhinekaan sedangkan religius mengedepankan komposisi rakyat.

“Terdapat pembagian antara partai muslim dan non muslim, nasionalis didominasi orang non muslim atau keberagaman sedangkan partai muslim didominasi orang Islam,” jelasnya saat menyampaikan materi pada Tadarus Ilmiah Seri Empat Ramadan 2021 via Zoom Meeting, Minggu (11/04).

Hubungan antara politik identitas dengan radikalisme ini tercermin pada strategi perbedaan politik, sebagai mobilisasi hingga melahirkan akomodasi identitas agama, etnis, gerakan relawan dan pemilik modal.

“Gerakan sosial masyarakat sipil dapat memberikan tekanan kuat dalam proses perebutan, pelaksanaan ataupun pengawasan kekuasaan,” ungkapnya.

Ia menuturkan kontestasi harusnya mampu memproduksi negarawan yang bermoral dan tidak menciptakan perpecahan di tengah masyarakat. Kemudian ia berpesan setiap kubu partai politik mampu memahami kubu politik lainnya.

“Kaum muslim tidak harus tergabung dalam kubu partai religius, namun harus mampu berbaur dengan partai nasionalis,” harapnya. (ulf)

Wartawan: Firga

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bibir Jurang

Next Post

Ragam Cara Manusia Ekspresikan Kebahagiaan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty