Peringati HUT Ke-31, Kopma Akan Bertransformasi di Era Digital


Suarakampus.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Imam Bonjol Padang meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 dengan berbagai macam perlombaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan semi virtual di Aula Dt Nagari Basa pada Jumat hingga Sabtu (29-30/10).

Mengusung tema menciptakan strategi transformasi modern untuk koperasi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, Kopma mengadakan lomba MC, menulis puisi, MTQ dan mars Kopma secara online. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Main UNO dan Ranking satu secara offline. 

Selaku Ketua Panitia Andika Prasetyo menjelaskan, perlombaan online diikuti oleh mahasiswa UIN IB, sementara yang offline hanya berlaku untuk kader internal Kopma. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerumunan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami sengaja  menyiapkan acara semi virtual agar dapat melibatkan seluruh civitas akademika UIN IB,” katanya saat diwawancarai tim suarakampus.com, Jumat (29/10).

Katanya, mekanisme pelaksanan lomba online, peserta mengirimkan karya dalam bentuk tulisan dan vidio. “MTQ, MC dan mars Kopma dikirim dalam bentuk vidio, sedangkan menulis puisi dikirim dalam bentuk file tulisan sesuai dengan tema yang telah ditetapkan,” katanya.

Kemudian Ketua Umum UKM Kopma Rahmadi mengatakan di umur ke-31 tahun tersebut, Kopma akan terus bertransformasi melalui media digital. Pasalnya, tuntutan teknologi mengharuskan adanya sistem baru untuk meningkatkan sinergi usaha ke depannya. “Kita akan memanfaatkan media digital,” jelasnya.

Ia menjelaskan kegiatan gebyar tersebut untuk memperkenalkan eksistensi Kopma kepada seluruh civitas akademika UIN IB. Katanya, Kopma sebagai organisasi yang bergerak dengan azaz kekeluargaan dan menciptakan wirausaha yang komperatif.

“Kopma sebagai organisasi pengkaderan yang bergerak di bidang usaha dan menikmati hasil secara bersama,” jelasnya.

Lanjutnya, perlombaan yang diadakan tersebut untuk melatih kader Kopma agar mampu bersaing di era digital. “Main Uno dan rangking satu itu untuk mengasah daya pikir kader Kopma agar mampu berpikir dengan jiwa wirausaha,” katanya.

Rahmadi mengatakan puncak pergelaran HUT itu akan dimeriahkan dengan seminar kewirausahaan dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. “Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif sehingga kader Kopma mampu berfikir, mengembangkan bakat dengan jiwa kewirausahaannya,” tutupnya.(fga)


Wartawan: Hary Elta Pratama, Delva (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Refleksi Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi, Lilin untuk Redupnya Demokrasi Indonesia

Next Post

KSR PMI Bangun Jiwa Relawan Siaga Melalui Diklatsar

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat