Jelang Akhir Masa Jabatan, Presma UIN IB: Belajar Banyak Hal Positif Tentang Kepemimpinan

Presma UIN IB Padang, Septi Wanda (Foto: Septi Wanda/Mahasiswa UIN IB Padang).

Suarakampus.com- Organisasi akan membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik jika berproses dengan serius. Hal ini disampaikan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang periode 2020/2021, Septi Wanda saat diwawancarai tim suarakampus.com perihal kesan dan pesan selama masa kepemimpinannya.

Wanda menuturkan perjalanannya menjadi orang nomor satu di UIN IB mendapatkan hal positif dan pembelajaran yang berarti. “Saya berkesempatan mengenal orang hebat di lingkungan UIN IB maupun lainnya sekaligus belajar banyak hal positif tentang kepemimpinan,” tuturnya, Minggu (07/02).

Lanjutnya, selama masa kepemimpinan tidak semua hal yang telah direncanakan berjalan dengan baik karena pandemi. “Program kerja yang sudah dirancang sebelumnya harus segera disesuaikan dengan sistem online,” tambahnya.

Wanda juga mengatakan walaupun berada di situasi pandemi, program kerja Kabinet Totalitas Tanpa Batas dapat terealisasi sekitar 50 persen dan menjalin kerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatra Barat (Sumbar) maupun Indonesia.

“Untuk pertama kalinya kita bergabung dengan BEM Seluruh Indonesia dan diamanahkan sebagai koordinator isu suku, ras, dan agama (Sara) serta Politik hukum dan keamanan (Polhukam),” katanya.

Kemudian, Wanda menuturkan senang dapat membantu mahasiswa UIN IB walaupun harus menunda waktu wisuda. ”Kami selalu memberikan informasi ter-update seputar kampus kepada seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa baru, membantu kawan-kawan yang terancam cuti kuliah, dan melakukan audiensi dengan pimpinan kampus untuk mempertahankan hak-hak mahasiswa,” jelasnya.

Wanda berharap agar kepemimpinan selanjutnya bisa lebih baik dan menyelesaikan apa yang belum terlaksana. “Semoga Allah memberikan kemudahan untuk ke depannya, teruslah berbuat baik walaupun tidak mendapat respon yang baik dari sebagian orang,” harapnya.

“Jadilah pemimpin yang mendahulukan kepentingan orang lain daripada pribadi, bersikap jujur dan amanah, serta menjaga nama baik almamater UIN IB,” tutupnya. (rta)

Wartawan: Firga Ries Afdalia

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Gemuruh di kala Itu

Next Post

Empat Anggota Register Mapala Alpichanameru Resmi Dilantik

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty