Sharing Terkait Pemilu, HMP HTN Adakan Seminar Bersama KPU Kota Padang

Kegiatan seminar bersama KPU yang diadakan oleh HMP HTN di Kampus III UIN IB Padang (sumber: Sri/ suarakampus.com)

Suarakampus.comSosialisasi terkait Pemilihan Umum (Pemilu), Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Hukum Tata Negara (HTN) adakan seminar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang. Kegiatan tersebut berlangsung di gedung J Academica Center dan Multipurpose Kampus III UIN Imam Bonjol Padang. (18/10)

Ketua Umum KPU Kota Padang, Riki Eka Putra menyebutkan tahun ini merupakan masa transisi kepemimpinan bagi bangsa Indonesia. “Penting untuk sharing dan diskusi bersama karena pilihan kita menentukan pemimpin masa depan,” tuturnya dalam penyampaian materi.

Kata dia, banyak hal baru yang perlu diketahui pada Pemilu 2024 mendatang, seperti peningkatan jumlah Partai Politik (Parpol) dibandingkan tahun 2019 lalu. “Pemilu 2019 itu ada 16 Parpol yang ikut, sekarang ada 18 Parpol,” sebutnya

Ia mengungkapkan Pemilu 2024 memiliki masa kampanye yang terbilang singkat, dimulai pada 28 November 2023 hingga 11 Februari 2024 mendatang. “Tidak lebih dari tiga bulan,” pungkasnya.

“Untuk jadwal Pemilu dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024,” sambungnya.

Sementara itu, selaku Ketua Umum (Ketum) HMP HTN, Azizul Hakim Idnel menuturkan kegiatan ini merupakan wadah untuk mengetahui prosedur Pemilu. “Setiap orang punya hak suara yang sama, untuk itu diskusi ini diadakan agar kita tidak hanya asal mencoblos,” ungkapnya.

Lanjutnya, mahasiswa diharapkan dapat antusias dan cerdas dalam pesta demokrasi mendatang. “Arah Indonesia tergantung pilihan kita, jadi gunakan suara kawan-kawan sebaik-baiknya,” lugas Azizul.

Ketua Panitia, Farhan Hafiza Haser mengungkapkan rasa syukur dengan terlaksananya seminar dengan baik terlihat dari antusias mahasiswa. “Alhamdulillah semua memberikan respon yang baik, dan ini juga ditujukan untuk pengenalan pendidikan politik,” ujarnya.

“Meskipun ada beberapa kendala, tetapi dapat diatasi hingga seminar ini terlaksana,” tutupnya. (wng)

Wartawan: Nur Hikmah Nasution dan Sri Wahyuni

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Sebanyak 1.837  Wisudawan ke-90, Menunggu Keputusan Tempat Pelaksanaan Wisuda

Next Post

LPM Dinamika UIN Sumatera Utara Resmi Buka PJTLN Pena Persma 2023

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty