Lima Kali Juara Perlombaan Cabang Catur, Tancha Nofriadi Kembali Juarai PKM U

Potret Peserta Saat Perlagaan Catur Di Gor Haji Agus Salim (Sumber: Lutfiah/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Tancha Nofriandi menjadi pemenang dalam cabang perlombaan catur Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM) UIN Imam Bonjol Padang. Perlombaan tersebut dilangsungkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Haji Agus Salim pada 11 Maret lalu.

Selaku Penanggung Jawab Cabang Catur Yesa Devika Sari mengatakan, dalam mengatur jalannya perlagaan pihaknya menggunakan aplikasi, namun tetap menghadirkan wasit. “Poin ditentukan oleh aplikasi dengan waktu 20:20 dan diawasi oleh wasit,” katanya, Minggu (12/03).

Sebagai juara pertama mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Tancha Nofriandi menuturkan, catur adalah cabang olah raga yang ia gemari sejak kecil. “Semenjak SD sudah suka permainan catur, ketika di sekolah menengah saya sudah mulai mengikuti berbagai perlombaan cabang catur,” ugkapnya.

“Selama di UIN IB saya sudah lima kali memperoleh juara dalam perlombaan catur, dua kali PKM tingkat fakultas, dua kali tingkat universitas dan juara satu trofeo mewakili Unit Kegiatan Olahraga (UKO) di Batusangkar,” sambungnya.

Lanjutnya, saat perlagaan menengah keatas sebagian lawan sudah mahir teori bermain catur, kebanyakan pihak lawan menggunakan trik membuka pion raja. “Pada babak ke tujuh kemaren lawan saya bermain dengan membuka pion raja dan saya bertahan dengan caro-kann (E4-C6),” sebutnya.

Selain itu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Arif Rahman Hakim sebagai peraih juara ke dua mengungkapkan, kemahiran peraih juara satu memang sudah diakui oleh fakultas dan universitas. “Beliau memang sangat teliti dan tentunya tidak mudah hilang fokus,” paparnya.

Kemudian kata dia, di sesi perlombaan semifinal pihak lawan mengalahkannya dengan bidak catur rencong. Namun dirinya lebih suka menggunakan ster saat bermain. “Meski juara dua, semoga lain waktu saya bisa berlabuh di kancah internasional demi membawa nama UIN IB,” tutupnya. (ifw)

Wartawan: Lutfiah Tanjung (Mg) dan Sri Wahyuni (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Upgrading KAMMI, Pentingnya Niat dalam Berdakwah

Next Post

Melani, Peraih Juara 1 Cabang Catur Putri pada PKM Universitas 2023

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty