Tingkat Air Menurun, Warga Teluk Kasai Rambahan Dihimbau Tetap Waspada Banjir Susulan

Banjir yang terjadi di Teluk Kasai Rambahan. (Sumber: Salsabil/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Banjir di Teluk Kasai Rambahan, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi sudah berangsur surut sejak tadi pagi, Minggu (07/01). Warga dihimbau untuk tetap waspada terhadap banjir susulan.

Menurut keterangan salah seorang warga, Andriansyah mengatakan bahwa banjir yang beberapa empat hari lalu melanda sekarang telah mulai berkurang. “Alhamdulillah, pada pagi hari tadi banjir sudah mulai berangsur surut,” katanya.

“Ketinggian air yang sebelumnya 50-60 CM sekarang hanya 5 CM, ” tambahnya.

Lanjutnya, dengan surutnya banjir jalanan yang sempat tidak bisa di lewati sudah bisa kembali digunakan. “Sekarang kami tidak menggunakan perahu lagi untuk menjalankan aktivitas keluar masuk desa,” lanjutnya.

Lalu kata dia, setelah banjir warga yang sudah bisa beraktivitas seperti biasa sebelum terjadinya banjir. “Jalan yang terkena banjir sudah bisa dilalui dan tidak ada kerusakan yang parah, ” tuturnya.

Kemudian, tidak ada laporan kerusakan rumah warga sejauh ini, karena mayoritas masyarakat di daerah Teluk Kasai Rambahan memiliki rumah panggung. “Mungkin karena tinggal di pinggir Sungai Batanghari yang kapan saja bisa terjadi banjir, warga sekitar enggan membangun rumah seperti di perkotaan,” ungkapnya.

Senada dengan Adriansyah, seorang warga lainnya, Husni menyebutkan bahwa sejumlah rumah konvensional yang terendam banjir kini sudah mengalami upaya pembersihan dari lumpur yang diakibatkan oleh genangan air. “Rumah yang letaknya agak tinggi juga sudah dibersihkan oleh keluarga yang terdampak,”jelasnya.

Ia berharap agar tidak terjadi banjir susulan, terutama dengan mempertimbangkan bahwa tingkat air telah mulai surut. “Semoga tidak ada kenaikan tinggi air, banjir yang melanda segera usai, anak-anak kembali sekolah serta orang-orang bisa beraktivitas seperti biasanya,” harapnya. (red)

Wartawan : Salsabil Janah (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Erupsi Gunung Marapi, LBH Padang Nilai BKSDA Bersikap Acuh

Next Post

Dewasa dan Kecewa

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty