Tips Mudah Agar Smartphone Tetap Awet

Ilustrasi Artikel (Foto: Muhammad Fadhel/suarakampus.com).

Suarakampus.com-Di zaman sekarang, smartphone atau handphone sudah menjadi kebutuhan bagi kita semua. Berbeda dengan zaman dahulu, di mana smartphone dianggap sebagai barang mewah dan hanya orang-orang tertentu yang memilikinya. Kehadiran smartphone pada zaman sekarang sangat berguna bagi kehidupan manusia, selain untuk berkomunikasi bisa juga untuk membuka usaha online. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, mulai dari anak Paud, TK, SD, SMP/MTS, SMA/MA, dan mahasiswa membutuhkan smartphone untuk belajar jarak jauh. Bahkan pekerja kantoran pun dituntut bekerja dari rumah, ini sudah pasti membutuhkan yang namanya smartphone.

Berikut penulis paparkan bagaimana cara agar smartphone kita tidak mudah rusak:

Pasang Antivirus
Ketika kita melakukan browsing di Internet banyak virus ataupun malware yang akan berusaha masuk ke perangkat hp dan akan mengacaukan softwarenya. Untuk itu, kita perlu menginstal aplikasi antivirus agar malware itu dapat terlacak dan tidak merusak perangkat Hp kita.Memasang Pelindung/Softcase dan Anti Gores
Dalam memakai hp tentu kita tak luput dari keteledoran yang dapat mengakibatkan hp menjadi terbentur dan rusak, bahkan layarnya pecah. Untuk berjaga-jaga sebaiknya kita memasang anti gores layar dan softcase agar smartphone yang kita beli dengan harga yang mahal tidak rusak dan bisa tahan lama.

Jangan Menginstal Aplikasi yang Tidak Resmi/Modifikasi
Di negara kita banyak aplikasi yang tidak diperbolehkan menggunakannya dengan berbagai alasan dan juga aplikasi berbayar yang telah di mod sehingga tak berbayar. Hal ini tentunya membahayakan perangkat yang bisa berdampak pada pencurian data-data dan pengambil alihan kendali smartphone yang tanpa disadari dapat merusak smartphone. Ketika kita menggunakan aplikasi bajakan, garansi dari produsen tidak lagi berlaku dan ketika perangkat kita rusak pihak aplikasi tidak akan bertanggung jawab

Tidak Memainkan Hp Saat Pengisian Daya/Charge Hp
Ini adalah kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan baterai lambat penuh dalam pengecasan dan mengakibatkan suhu Hp panas, yang paling parahnya berakibat baterai menggembung, Hp mati total dan tak dapat dihidupkan lagi.

Jangan Memasang Aplikasi/Game yang Berat
Smartphone tentunya memiliki batasan dalam menggunakan aplikasi ataupun game yang berukuran besar dan berat untuk dioperasikan Hp, kalau tetap kita paksakan akan membuat perangkat panas dan mati mendadak bahkan mati total.

Matikan Smartphone Bila Tidak Digunakan
Kita saja sebagai manusia yang diciptakan Allah butuh istirahat, apalagi Hp yang diciptakan manusia. Matikan Hp bila tidak digunakan agar Ram dan Prosesornya lebih dingin dan optimal saat digunakan kembali.

Batasi Penggunaan Powerbank dan Charger yang Tidak Original
Penggunaan powerbank sebenarnya tidak baik untuk perangkat Hp kita karena daya dari powerbank tersebut tidaklah sama dengan charger asli smartphone yang tentunya daya tersebut tak akan bertahan lama.
Penggunaan charger yang tidak original juga akan memicu kerusakan pada baterai, sebab kabel dari charger tersebut bersifat universal dan dapat digunakan oleh berbagai macam tipe Hp. Berbeda dengan charger original yang kabel dan kepala chargernya khusus untuk jenis Hp kita. Sebaiknya, gunakan barang-barang tersebut dalam kondisi genting saja.

Demikianlah beberapa tips cara membuat smartphone kita tetap awet dan tak mudah rusak, di zaman yang serba instan Hp menjadi kebutuhan yang tak terlupakan. Jadi, kita harus menjaga Hp kita agar tetap awet sehingga dapat menghemat uang bahkan dengan Hp tersebut kita juga bisa menghasilkan uang. Manfaatkan dan jangan lupa merawat smartphone dalam penggunaannya.

Penulis : Muhammad Fadhel

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Fakultas Filsafat Unpar Gelar Diskusi Bertajuk Kebebasan Berpendapat

Next Post

Serapan APBN UIN IB Capai 99 Persen

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty