175 Mahasiswa PAI Gelar KBM di Kabupaten Solok

Pelepasan Mahasiswa PAI yang Mengikuti Kegiatan KBM di Depan Kantor Redaksi Suara Kampus (Sumber: Dokumen Pribadi)

Suarakampus.com- Mewujudkan visi Tri Dharma Perguruan Tinggi, 175 Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Imam Bonjol Padang, lakukan Kerja Bakti Mahasiswa (KBM) di Batu Dilam Kabupaten Solok. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari dari Selasa hingga Jumat, 15- 18 Agustus mendatang. merupakan program rutin yang sudah dirancang.

Kegiatan tersebut merupakan program rutin setiap tahun dari Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PAI untuk mahasiswa semester II. “Pengabdian yang kita lakukan ini guna meningkatkan jiwa sosial mahasiswa, sekaligus simulasi KKN di semester berikutnya,” tutur Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan, Fanesa Aulia, Selasa, (15/08).

Senada dengan itu, Ketua Prodi PAI, Misra mengatakan, tujuan dari KBM ini agar mahasiswa bisa memperkenalkan budaya akademik, serta mempelajari kehidupan sosial di tengah masyarakat. “Kegiatan ini suatu momentum dalam meningatkan nilai-nilai sosial, baik di kampus maupun masyarakat,” ucapnya saat melepaskan peserta KBM di depan kantor Redaksi suarkampus.com.

Ia berharap, agar keberangkatan mahasiswa KBM tersebut mampu membawa nama baik kampus pulang kembali ke UIN IB. “Jagalah sikap dan tingkah laku selama menjalankan kegiatan di nagari orang, untuk nama kampus yang lebih baik,” harapnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PAI, Harif Rahman Suyatno mengatakan, kegaiatan KBM adalah program HMP PAI dalam mewujudkan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian. “Kami menyebutnya Pra KKN, karena kegiatan ini sama halnya seperti KKN, hanya saja dalam jangka waktu yang pendek,” terangnya.

Kemudian, melalui kegiatan tersebut peserta akan merealisasikan Program Kerja (Proker) yang telah mereka susun. “Prokernya seperti Gotong royong, Tahfidz, dan Tabliqh Akbar,” jelasnya.

Salah satu peserta KBM, Anugrah memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa KBM sangat berguna mempelajari masalah sosial masyarakat, dan menjadi mahasiswa yang ppeduli terhadap lingkungan sekitar. “Banyak ilmu yang akan didapatkan dari kegiatan ini nantinya,” sampainya.

Lanjutnya, KBM juga menjadi ajang silaturahmi satu angkatan Prodi PAI yang terdiri dari enam kelas. “Nantinya kami akan dibagi dalam beberapa posko, yang terdiri dari campuran kelas lain di PAI,” tambahnya.

Ia berharap semoga kegiatan ini dapat menjalin keakraban sesama mahasiswa PAI. “Rasa kekeluargaan akan kita tanam mulai di sini,” harapnya. (una)

Wartawan: M. Abdul Latif

.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Jelang Kegiatan PBAK, Maba Wajib Pemeriksaan NAPZA dan HIV

Next Post

Persiapan PBAK, Dua Gedung DijadikanTempat Ibadah di Kampus III

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty