97 Mahasiswa KPI Akan Laksanakan PL, Muhammad Nasir: Lokasi Boleh Pilih Sendiri

Potret gedung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) kampus II UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Wangi/suarakampus.com)

Suarakampus.com- 97 Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) akan langsungkan Praktek Lapangan (PL) selama dua bulan yang terhitung pada 12 September hingga 12 November mendatang. Sebelum itu, pihak fakultas telah melakukan penjajakan ke berbagai lokasi untuk mengadakan kesepakatan dengan instansi atau lembaga terkait.

Selaku Ketua Program Studi (Prodi) KPI, Muhammad Nasir mengatakan kuota untuk setiap lokasi PL maksimal sebanyak lima mahasiswa dan minimal tiga mahasiswa dengan berbagai bidang seperti, kehumasan, jurnalistik hingga pengelolaan media lainnya. “Saat melakukan penjajakan, mereka menerima paling banyak lima dan paling sedikit tiga mahasiswa,” ujarnya Rabu, (31/08).

Lanjutnya, pihak fakultas akan mengadakan pertemuan dengan mahasiswa guna persetujuan lokasi PL. Katanya, ada beberapa tempat yang meminta kemampuan khusus kepada mahasiswa PL seperti mengedit foto dan video ataupun pembuatan berita.

“Kami akan mengadakan pertemuan dengan mahasiswa terkait lokasi dan keahliannya masing-masing, ada beberapa lokasi yang dipilih oleh Prodi karena mereka meminta keahlian khusus,” jelasnya.

Selain itu, Muhammad Nasir juga memberi peluang bagi mahasiswa PL untuk mencari sendiri lokasi yang diinginkannya dengan syarat segala urusan akomodasi dan administrasi diurus sendiri dan berkaitan dengan kajian KPI. “Selain lokasi ditentukan oleh kampus, kami juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari sendiri lokasi PL nya, tetapi segala urusan harus diurus sendiri,” tuturnya.

Sambungnya, penentuan lokasi PL terbagi kepada dua aspek, yakni peminatan jurnalistik dan pemintan penyiaran. Ia menyebut, instansi pemerintah di bidang kehumasan, lembaga penerbitan pers dan lembaga penyiaran turut andil memfasilitasi mahasiswa dalam prosesi PL.

“Berbagai sektor telah kami jajaki, baik lembaga penyiaran TV dan radio, penerbitan pers maupun kehumasan ragam instansi, semuanya untuk wadah pengalaman bagi mahasiswa,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada mahasiswa KPI yang akan mengikuti PL untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin dan bersungguh-sungguh bekerja seraya menambah pengalaman belajar saat di lapangan nantinya. “Semoga PL tahun ini berjalan lancar, dan saya berharap mahasiswa KPI bisa mengimplementasikan keilmuannya dengan baik,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Mahasiswa PL Prodi KPI, Tegar Putra Trimarta menyebut pihak kampus masih menyediakan sedikit tempat bagi mahasiswa KPI untuk PL. Kendati demikian, katanya pihak kampus juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih sendiri lokasi PL yang diinginkannya.

“Dari yang saya lihat, tempat untuk kami PL masih sedikit disediakan kampus, untungnya pihak kampus memberi kesempatan pada kami untuk memilih sendiri lokasi PL,” pungkasnya.

Tegar berharap agar seluruh mahasiswa KPI yang akan melakukan PL bisa menyesuaikan diri dengan baik saat berada di lapangan serta menerapkan kemampuannya sebaik mungkin. “Semoga PL ini bisa menambah pengetahuan lebih bagi kami dalam mempraktekkan ilmu yang didapat dari kampus,” tutupnya. (hry)

Wartawan: Claudia Innesya (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Payung Hitam di Batas Alam

Next Post

Pensiunan Guru Besar FDIK, Amirsyahruddin Tutup Usia

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat