Adanya Perbaikan Nomenklatur Prodi, Wisudawan IAT: Tidak Ada Kejelasan Jadwal Pembagian Ijazah

Suarakampus.com- Wisudawan angkatan 88 Program Studi (Prodi) Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IAT) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang keluhkan pembagian ijazah yang tidak sesuai jadwal. Menurut informasi yang diterima suarakampus.com, Ijazah sudah dibagikan kampus semenjak tanggal 26 hingga 30 Desember 2022 lalu.

Salah seorang wisudawan angkatan 88, Nadila Mulya Rahmi membenarkan informasi tersebut berdasarkan penjelasan dari pihak akama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA). “Semua jurusan di FUSA sudah menerima ijazah, kecuali Prodi IAT,” ujarnya, Selasa (17/01).

Lanjutnya, Nadila mengatakan belum ada kejelasan waktu kapan ijazah tersebut bisa diterima oleh wisudawan/i Prodi IAT. “Kami masih menunggu informasi dari pihak akama, karena belum ditentukannya waktu yang pasti,” sebutnya.

Sama halnya dengan Siti Mardiyah, dia mengungkapkan bahwa keterlambatan tersebut dikarenakan adanya penyesuaian Nomenklatur Prodi Tafsir Hadis (TH) menjadi IAT. Katanya, laporan dari mahasiswa terhadap pihak akama ditangguhkan hingga selesai laporan pada Pangkalan Data pendidikan tinggi (PDDikti).

“Laporan kami ditunda sampai selesai laporan akama pada PDDikti,” ucapnya.

Lanjutnya, Mardiyah menyampaikan banyak dari wisudawan/i yang terhambat mencari pekerjaan dikarenakan ijazah yang belum ada. “Dampaknya menjadikan teman-teman kami banyak yang nganggur.”

“Saya berharap laporan PDDikti ini segera diselesaikan, agar proses pembagian Ijazah segera dilakukan, mengingat kami sangat membutuhkan ijazah,” harapnya.

Sementara itu, pihak akademik FUSA mengatakan hal tersebut merupakan tanggung jawab akademik universitas, lantaran pihak kampus lah yang mengeluarkan ijazah.

Setelah itu, tim suarakampus.com menghubungi pihak akademik universitas pada Senin (16/01) namun diarahkan pada admin Forum Laporan (Forlap) Dikti.

Saat menghubungi admin Forlap Dikti, pihaknya tidak memberi keterangan mengenai keterlambatan pengurusan perubahan nama Prodi IAT. Kemudian pihak admin Forlap mengarahkan wartawan menghubungi Wakil Rektor (WR I) namun, tidak juga mendapatkan keterangan.

Sampai berita ini dinaikkan, pihak kampus belum memberikan keterangan sama sekali. (red)

Wartawan : Ikhsan Nur Hidayat (Mg), Nadia sri rezeki (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tadris IPS UIN IB Bakal Ada Semester Pendek, Ini Gunanya

Next Post

Goresan Suara Hati

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty