AJI Padang adakan Pelatihan Cek Fakta untuk Persma se Sumbar

Suarakampus.com- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang dan Indonesia berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Pers Mahasiswa se Sumatra Barat serta mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand. Pelatihan tersebut dilaksanakan di American Corner Universitas Andalas, Padang, Selasa (14/11).

Perwakilan AJI padang, Muhammad Afdhal mengatakan, pelatihan cek fakta bertujuan meningkatkan kapasitas Pers Mahasiswa (Persma) se-Sumatra Barat, dalam meminimalisir kejanggalan informasi serta data. “Contohnya berita bohong yang terjadi di kampus Universitas Negri Yogyakarta, bisa kita cek siapa dalangnya,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan cek fakta ini diberikan krpada Persma dan mahasiswa Ilmu komunikasi, karena kegiatan mereka berhubungan dengan acara ini. “Berdiskusikanlah teman-teman bukan hanya mendengarkan materisaja, serta ciptakanlah diskusi hangat,” ujarnya.

Ia berharap setelah kegiatan cek fakta tersebut, peserta bisa memberikan informasi yang jelas kepada publik, sekaligus membagi ilmunya. “Nanti teman-teman bagilah ilmunya kepada anggota LPM sendir sekaligus kepada orang lain,” harapnya.

Sementara itu, Perwakilan Amcor, Gif mengucapkan selamat datang di American Corner merupakan fasilitas yang disediakan oleh Kedutaan besar Amaerica bekerja sama dengan MBTI yang ada dibeberapa kampus di Indonesia. “Kami disini menyediakan layanan buku, majalah, dan beberapa informasi beasiswa ke Amerika,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini bisa menambah ilmu dalam mencegah mis informasi. “Semoga kegiatan ini bermanfaat oleh teman-teman,” tutupnya.

wartawan: Ramitha Mawangi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Makalah, BSO Saung Rasam Gelar Seminar Bimak

Next Post

Membangun Sinergi Beragama, FUSA UIN IB Buat MOU Bersama Pelita Padang

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty