Iluni UIN IB Padang Adakan Seminar, Bahas Konsolidasi Alumni Bersinergi Untuk Negeri

Kegiatan seminar oleh Iluni UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Faisal/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang adakan seminar dengan tajuk Konsolidasi Alumni Bersinergi Untuk Negeri. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Mansur Dt. Nagari Basa, Sabtu (4/12).

Selaku Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Manager Nasution, menyayangkan anggapan masyarakat yang menilai lulusan UIN hanya fasih di bidang keagamaan saja. “Lulusan UIN/IAIN tidak merasa bangga dengan almamaternya sendiri,” ungkapnya dalam menyampaikan materi.

Lanjutnya, sebagai lulusan UIN/IAIN harus menumbuhkan rasa bangga terhadap almamater yang disandang. “Seharusnya kita sebagai alumni UIN/IAIN haruslah merasa bangga terhadap almamater sendiri,” katanya.

Kemudian, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Riki Yanuarfi mengatakan bahwa ada tiga peran alumni yang harus dijalankan. “Setidaknya ada tiga peran alumni, yaitu bagaimana alumni dengan almamater, bagaimana alumni dengan mahasiswa dan bagaimana alumni dengan masyarakat,” jelasnya.

Riki menyampaikan alumni harus siap mengabdi pada almamater. “Alumni harus menjadi penghubung bagi lulusan-lulusan dalam dunia kerja,” tuturnya.

Selaras dengan hal di atas, Selaku Dosen Universitas Ibnu Chaldun Suhardi, memaparkan terkait langkah awal membangun Iluni dengan koneksi yang baik. “Alumni bekerja sama dengan kampus untuk membangun koneksi antara alumni dengan kampus,” paparnya.

Ia meminta kepada kampus agar menyiapkan data-data alumni yang telah lulus. “Peran alumni adalah memainkan data dan memberikan kesempatan kepada lulusan lulusan UIN/IAIN untuk langsung mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

Suhardi berharap dengan terselenggaranya seminar ini dapat membangun relasi sesama alumni. “Semoga dengan adanya seminar ini dapat memberikan keberkahan bagi kita dan dapat membangun relasi antara alumni dengan alumni, antara alumni dengan mahasiswa, antara alumni dengan kampus dan lainnya,” harapnya.(gfr)

Wartawan: Faisal Haris Mantori (Mg), Muhammad Arif (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Redaktur Suara Kampus 1980, Asfar Tanjung: Jadi PNS via Menulis

Next Post

Gubernur Sumbar Ingin UIN IB Bersinergi di Bidang Ekonomi Syariah

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty