Ancaman Represi Terhadap Pers Mahasiswa

Suarakampus.com- Buruknya iklim demokrasi menjadi salah satu ancaman represi yang dirasakan oleh Lemabaga Pers Mahasiswa (LPM) saat ini. Hal ini disampaikan oleh BP Advokasi PPMI Nasional, Abdul Haq saat diskusi rebonan mengenai Ancaman Represi dan Pentingnya Advokasi Bagi Pers Mahasiswa via Google Meet, Rabu (14/04).

Abdul Haq mengatakan minimnya penguatan internal juga bentuk ancaman represi, bagaimana LPM mampu merebut haknya yang dirampas. “Jika internal dari suatu LPM itu kompak dan solidaritas, mereka bisa bertahan dalam ancaman represi itu,” katanya.

Memahami posisi pers mahasiswa (Persma) dalam ancaman represi sangat penting, salah satunya keberpihakan dan memperjuangkan hak asasi manusia (HAM). “Posisi Pers Mahasiswa yang dimaksud adalah memiliki kebijakan yang jelas, serta membela HAM,” tutur Abdul Haq.

Lanjutnya, keberpihakan LPM tidak hanya untuk mahasiswa atau kampus saja, akan tetapi kepada kebenaran. “Ketika kita mengoreksi kampus, itu adalah bentuk cinta LPM kepada kampus agar lebih baik lagi,” sambungnya.

Baca Juga: Persma Wadah Aspirasi Sekaligus Bacaan Bagi Mahasiswa

Ia juga menuturkan beberapa pemicu masalah dalam ancaman represi, di antaranya pemberitaan Persma yang dianggap ancaman yang menjelek-jelek kan kampus, serta membuka buruknya birokrat. “Pemberitaan yang tidak proporsional, tidak memenuhi kode etik jurnalistik, serta tidak netral juga menjadi pemicu terjadinya ancaman represi kepada Persma,” jelasnya.

Abdul Haq mengatakan pentingnya advokasi bagi Persma yang berguna membela aktivitas pers secara perorangan. “Juga membela dalam upaya menjaga nilai dan semangat kebebasan pers, akademik, HAM, demokrasi dan sebagainya,” terangnya.

Menjadi Persma yang kritis memang berisiko besar, namun ketika ketidakadilan terjadi Persma tidak mungkin hanya berdiam diri. “Ketidakadilan itu nyata adanya dan hari ini mungkin kita bisa tertawa, namun tidak mustahil juga besok kita yang menjadi korban represif tersebut, marilah berjejaring dan saling menguatkan,” tutupnya. (rta)

Wartawan: Dinni Jannatul Putri

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Puasa Ramadan dan Nilai-nilai Pendidikan

Next Post

Singkirkan Liverpool, Real Madrid Raih Tiket Semifinal UCL

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty