Anugrah Dewan Pers 2023, Delapan LPM se-Indoensia Keluar sebagai Pemenang

Sosok PU LPM Suara Kampus dalam menerima award Juara 3 Nominasi Feature Perjalanan. (Sumber: Tangkapan layar kanal YouTube Dewan Pers/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Delapan Lembaga Pers Kampus (LPM), keluar sebagai pemenang karya jurnalistik tingkat pers mahasiswa se-Indonesia saat acara Pekan Anugrah Dewan Pers (DP). Salah satunya LPM Suara Kampus dengan kategori Feature perjalanan, Silsilah Air Terjun Kapalo Banda.

Pengumuman malam puncak acara Anugerah Dewan Pers digelar di JW Marriott Hotel Jakarta pada Jum’at 10 November 2023. Serta disiarkan secara langsung di kanal YouTube Dewan Pers Official.

Dewan Pers telah menetapkan nomine untuk tiga kategori, yaitu kategori Feature Profil, Feature Perjalanan, dan Feature Isu Kemanusiaan. Di tiap-tiap kategori, terpilih tiga nomine dengan karya jurnalistik terbaik serta para pemenang diumumkan pada malam Anugerah Dewan Pers 2023.

Kategori Feature Profil, juara pertama diaraih oleh LPM Bahana Universitas Riau (UNRI) dengan karya Menebus Keterbatasan Ala Disabilitas. Setelah itu LPM Persepektif Universitas Brawijaya (UB), karya jurnalistiknya Asa Menjaga Arjuno- welirang dari Panas Bumi, dan terakhir dari Badan Otonom Gema Politeknik Negri jakarta (PNJ) dengan judul Asih Widodo: 25 tahun Mencari Keadilan tak Digubris Negara.

Kategori Feature Perjalanan, juara pertama digendong oleh LPM Prespektif Universitas Negeri Brawijaya (UB) dengan karya jurnalistiknya, Pasar Buku Wilis Saksi Bisu Tergerusnya Usaha Loak Buku. Kedua LPM Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) karya yang diusungkan, Mengungkap Keeksotisan Danau Lau Kawar, ketiga diraih oleh LPM Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang, dengan karya tulisannya Silsilah Air Terjun Kapalo Banda.

Kategori Human Interest, juara pertama diaraih LPM Sketsa Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda dengan karya jurnalistiknya Masalah Pelik Suku Pasar Balik: Kebun dan Hutan Dikuasai, Kini hanya bisa Pertahankan Tradisi. Kedua LPM Filosofi Universitas Negri Yogyakarta dengan karya jurnalistiknya, Mata Pencarian Hilang Akibat Rob, Warga Dukuh Timbulsloko tak Mampu Membayar Uang Relokasi, dan ketiga Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana, dengan tulisan jurnalistiknya, Jarang Didengar dan Tak Diakui Menapak Jejak Agama Sikh di Kota Medan.

Pimpinan Umum LPM Suara Kampus,Abdul Latif megucapkan syukur, merasa senang tentunya, karena ini merupakan suatu kebanggan bagi kita semua di Suarakampus.com. “Terimakasih untuk teman2 yg terlibat dalam peliputan itu,” katanya.

Sementara itu, Latif mengatakan, karya jurnalistik yang masuk nominasi diumumkan oleh Dewan Pers satu hari menjelang malam puncak Anugrah Dewan Pers, Kamis, (09/11). “Tadi pagi Jumat (10/11) saya langsung berangkat ke Jakarta,” katanya.

Setiap LPM yang keluar sebagai pemenang dalam karya jurnalistik ini, diberi penghargaan dari dewan pers Indonesia. “Ini hadiah yang sangat berharga untuk LPM Suara Kampus yang akan ulang 29 November besok, sekaligus syukuran bersama nantinya,” harapnya. (hrd)

Wartawan: Miftahur Rahman

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

WR III UIN IB Bahas AD/ART Bersama Ormawa

Next Post

Persiapan Tim Agus Salim UIN IB Menjelang Lomba Debat Nasional 

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty