Bundo Kanduang Lambang Feminisme di Minangkabau

Suasana saat penyampaian materi di Kantor Nurani Perempuan Kota Padang (Foto: Firga/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Sejarawan, Randi Reimena mengatakan kehadiran bundo kanduang dalam struktur sosial masyarakat Minangkabau memberikan citra feminis agar para perempuan terlindungi. Kendati demikian, katanya Sumatra Barat memiliki catatan kekerasan seksual yang cukup tinggi.

ia menjelaskan, secara konseptual bundo kanduang itu sebagai organisasi dan institusi sosial dalam rumah gadang. “Bundo kanduang dilahirkan oleh para elit bangsawan bukan dari suara masyarakat,” jelasnya saat menyampaikan materi bertajuk feminisme di Minangkabau, Sabtu (05/02).

Meskipun demikian, katanya bundo kanduang bertanggung jawab terhadap kaumnya, dan memiliki jabatan struktural di nagari dan dihargai dalam rumah gadang. “Secara organisasi, pengaruh bundo kanduang kurang signifikan,” ucapnya.

Ia mengatakan bundo kanduang sebagai konsep yang ideal dalam tatanan masyarakat harusnya dapat diwujudkan. “Ideal bukan berarti tidak dapat diwujudkan, mulailah menerapkan dari diri sendiri agar konsep itu terealisasikan,” katanya pada kegiatan kelas romantis yang diadakan sekolah gender di Kantor Nurani Perempuan.

Katanya, posisi bundo kanduang hanya berupa struktur sosial yang ideal dalam tatanan kehidupan masyarakat, namun belum mampu memberikan ruang aman untuk perempuan.

“Bundo kanduang hanya konsep ideal seorang perempuan di tengah masyarakat,” tutupnya.

Ia mengungkapkan, bundo kanduang itu seorang tokoh yang terdapat dalam cerita rakyat kemudian direpresentasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Bundo kanduang hanya sebagai sosok perempuan yang ideal, namun faktanya belum ada yang demikian,” tutupnya. (ndn)

Wartawan: Firga Ries Afdalia

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

UIN IB Umumkan Kepastian Kuliah Tatap Muka Senin Mendatang

Next Post

HMJ Perbandingan Mazhab Adakan Penggalangan Dana Operasi Kecelakaan Opy Kurniawan

Related Posts
Total
0
Share