Curanmor Beraksi di UIN IB, CCTV Kampus Banyak Rusak

Parkiran Motor Mahasiswa Kampus II UIN Imam Bonjol Padang (Sumber: Fajar/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Pelaku pencurian sepeda motor beraksi di Kampus II UIN Imam Bonjol Padang. Pelaku sulit ditemukan, apalagi CCTV kampus diketahui banyak yang rusak.

Kejadian itu dialami mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Ahmad Fauzan, pada akhir Maret 2023 lalu. Sepeda motornya raib saat di parkiran masjid Baitul Hikmah kampus II UIN Imam Bonjol Padang.

Ahmad memastikan, sudah mengunci stang motor Varionya itu sebelum masuk ke dalam masjid. “Ketika saya hendak pulang, motor itu sudah raib,” katanya.

Ahmad kemudian melaporkan kejadian itu kepada petugas satpam kampus. Setelah itu, satpam langsung memeriksa lokasi kejadian.

Di lokasi kejadian terdapat satu CCTV yang mengarah ke area parkir masjid, tepat di tempat Ahmad memarkirkan motornya. Sayangnya kamera pengintai itu rusak. “CCTV parkiran itu sudah 2 tahun tidak aktif,” kata Satpam kampus II, Vandra, saat dikonfirmasi Suarakampus.com, Senin (10/04).

Vandra mengatakan, CCTV memang sangat berguna untuk menjaga keamanan kampus , apalagi tenaga keamanan satpam tidak mencukupi.

18 CCTV di Kampus II Rusak

Kepala Bagian Umum Rektorat, Hasbi Hidayat membenarkan kamera pengintai lokasi motor hilang itu rusak. Ia bahkan menyebutkan total CCTV rusak mencapai 18 unit dari 48 titik yang ada di kampus II saat ini. “Ada yang tidak aktif dikarenakan tidak tersambung dengan server,” ujarnya.

Hasbi mengatakan, sudah melakukan perbaikan kerusakan CCTV, tetapi sampai sekarang masih rusak. Perbaikan dilakukan sebatas pengecekan dan memperbaiki kerusakan. “Terakhir diperbaiki pada bulan September 2022 lalu,” ujarnya.

Ia melanjutkan, tidak ada anggaran khusus untuk pemeliharaan CCTV, hanya saja biaya pemeliharaan diambilkan dari BLU. “Besar anggaran sesuai perbaikan yang dilakukan,” katanya.

Hasbi mengatakan, saat ini (09/05) teknisi sudah kembali memeriksa CCTV yang rusak. “Hingga berfungsi kembali,” tutupnya. (hrd)

Wartawan: Ummi Nadia (Mg) dan Miftahul Rahman (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Sherina Septa Dila Siap Wakili UIN IB Pada AICOIES 2023

Next Post

Mecca

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty