FUSA Lakukan Pelatihan PJIM untuk Meningkatkan Mutu Kepenulisan Mahasiswa

Suasana saat pelatihan penulisan jurnal ilmiah mahasiswa di Aula FUSA (Foto: Una/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang laksanakan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Mahasiswa (PJIM), untuk meningkatkan mutu mahasiswa dalam bidang karya tulis ilmiah. Kegiatan ini berlangsung pada 26-27 Maret 2022 di Aula FUSA.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Psikologi Universitas Andalas (Unand), Liliayana Sari, Dosen Unand Tri Rahayuningsih, Wakil Dekan I FUSA Faizin, Wakil Dekan III FUSA Eliana Siregar. Ketua Umum (Ketum) Senat Mahasiswa (Sema) Tata Handika, Ketum Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) FUSA, dan peserta pelatihan PJIM dari masing-masing prodi.

Ketua Panitia Subroto Nasril Iskandar mengatakan, 74 peserta yang ikut dalam pelatihan hari pertama ini, menjadi ajang meningkatkan kualitas tulisan mahasiswa FUSA khususnya di bidang ilmiah. “Melalui jurnal yang berkualitas dapat meningkatkan akreditasi fakultas,” katanya, Sabtu (26/03).

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan mengasah kemampuan dan kehebatan mahasiswa dalam penulisan baik itu berupa jurnal maupun skripsi. “Kita juga dapat melakukan pengabdian sebagai penulis dalam mengangkat nama fakultas,” ucapnya.

Wakil Dekan III Eliana Siregar mengungkapkan, bahwa pengetahuan serta wawasan mahasiswa masih kurang terkait metodologi penelitian, bahkan kepahaman terhadap materi dan teori terbilang minim. “Mahasiswa juga sepertinya tidak begitu mampu dalam mengakses informasi dari internet,” ungkapnya saat memberi sambutan.

“Dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa hendaknya lebih memahami lagi kaedah-kaedah ilmiah serta bahasa yang digunakan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketum Sema Tata Handika menuturkan, kegiatan PJIM ini merupakan yang bagus dalam dunia kuliah, karena di sini dapat mencari ilmu dan pengalaman dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian. “Akreditasi fakultas sangat tergantung pada mahasiswanya, oleh karena itu semangatlah dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri,” tuturnya.

Wakil Dekan I Faizin berharap, diangkatnya acara ini agar mahasiswa dapat bimbingan dalam kepenulisan, dan karya mahasiswa FUSA bisa dibaca dan diketahui oleh orang banyak. “Menulis memang tidak sederhana namun, kita sebagai mahasiswa dituntut berpikir kritis, analitis serta, sistematis.” harapnya. (ndn)

Wartawan: Zaitun Ul Husna (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Berikut Lokasi Perlombaan PKM UIN IB 2022

Next Post

FAH Targetkan Tambah Tiga Guru Besar Tahun 2022

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat