Hari Kedua LDK, HMJ KPI Bahas Soal Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan

Suasana saat penyampaian materi oleh Yuni Kartika, Segmen Kebijakan Kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Andalas (Unand) tahun 2021 di Aula Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Lilah/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Administrasi kesektariatan dan manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Hal itu disampaikan pada hari kedua Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Imam Bonjol Padang.

Materi ini disampaikan oleh Sekretaris Menteri (Sekmen) Kebijakan Kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Andalas (Unand) tahun 2021, Yuni Kartika. Ia mengatakan administrasi kesekretariatan sangat diperlukan demi lancarnya proses kinerja dalam sebuah organisasi.

“Bukan hanya Jurusan KPI saja yang harus belajar administrasi, tetapi seluruh bentuk organisasi wajib mengetahui tentang unsur administrasi,” jelasnya pada Minggu, (09/10) di Aula Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

Lanjutnya, kesuksesan sebuah organisasi bisa diukur dari kecakapannya mengelola administrasi. “Sehebat apapun seseorang, kalau tidak mengerti soal administrasi, itu hal yang percuma,” tegasnya.

Yuni menyampaikan seorang pemimpin harus memahami seluruh aspek dalam pengelolaan organisasi seperti bidang kesektariatan, keuangan dan bidang lainnya. “Pemimpin itu bukan hanya pandai memerintah saja, tetapi harus bisa menjadi sekretaris, bendahara dan bidang lainnya,” terangnya.

Sambungnya, pekerjaan administrasi tidak bisa dilakukan oleh satu orang penanggung jawab saja tetapi harus dibantu oleh anggota-anggota lain. “Administrasi harus dilakukan oleh banyak orang karena tujuan ke depannya cukup besar, kalau administrasi dilakukan oleh satu orang berarti tujuannya hanya kecil,” tuturnya.

Yuni menegaskan tugas dari seorang sekretaris ialah regulasi soal surat menyurat dan seorang bendahara adalah mengatur tentang keuangan kas. Kata dia, proses pemeriksaan surat menyurat dan keuangan dilakukan oleh anggota organisasi bukan tugas yang diperuntukkan untuk satu orang.

“Terlepas dari itu, dalam sebuah organisasi, semua anggota bertanggungjawab dalam memeriksa tugas sekretaris dan bendahara,” ujarnya.

Ia berharap agar seluruh peserta yang hadir dapat mengimplementasikan keilmuan yang didapat baik dalam hal kepemimpinan, kesektariatan maupun manajemen keuangan. “Semoga teman-teman yang hadir disini bisa menjadikan organisasi ini lebih baik lagi sekaligus menerapkan semua unsur di dalamnya,” harapnya. (hry)

Wartawan: Kholilah Tri Julianda

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Pentingnya Manajemen dalam Organisasi

Next Post

Prodi IAT Kenalkan Tafsir Maqashidi Lewat Pakarnya

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat