Prodi IAT Kenalkan Tafsir Maqashidi Lewat Pakarnya

Penyampaian kata sambutan dari Kaprodi IAT FUSA UIN IB Padang, Toni Markos (Sumber: Husna/suarakampus.com)

Suarakampus.com– Tingkatkan edukasi mahasiswa seputar Tafsir Maqashidi, Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang hadirkan kuliah dosen tamu dari Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Abdul Mustaqim. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula FUSA, pada Selasa (11/10).

Ketua Prodi (Kaprodi) IAT Toni Markos mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya acara itu untuk mengenalkan trend tafsir yang tengah berkembang di era sekarang. “Mahasiswa perlu tahu lebih lanjut perihal ranah tafsir maqashidi,” katanya.

Lanjutnya, dengan diangkatnya tema tersebut menjadidi awal dijadikannya tafsir maqashidi sebagai mata kuliah umum. “Nanti tafsir maqashidi bakal jadi mata kuliah wajib, terkhusus mahasiswa angkatan 2022 sebagai,” lanjutnya.

“Mata kuliah tafsir maqashidi sebagai bentuk perwujudan dari kurikulum merdeka, serta menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memulai penelitian skripsi,” sambungnya.

Toni berharap acara tersebut bisa menambah wawasan mahasiswa Prodi IAT terkait tafsir maqashidi. “Semoga bisa menambah pengetahuan mahasiswa perihal tema sekarang,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FUSA, Faizin mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi IAT. “Saya sangat apresiasi acara seperti ini, karena mampu menciptakan mahasiswa yang cakap dunia tafsir,” ungkapnya.

Kemudian, kata dia, mahasiswa Prodi IAT belum ada yang mengangkat masalah tafsir maqashidi sebagai penelitian skripsi. “Sepengetahuan saya belum ada yang mengangkat tema ini sebagai latar belakang skripsi,” katanya.

Ia berharap dengan adanya agenda kuliah dosen tamu mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap tafsir maqashidi. “Semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang hadir,” harapnya. (nsa)

Wartawan: Zaitun Ul Husna dan Muhammad Hafis (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hari Kedua LDK, HMJ KPI Bahas Soal Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan

Next Post

How to write a Custom Essay Outline

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat