Pentingnya Manajemen dalam Organisasi

Penyampaian materi oleh Romi Kurniawan mengenai manajemen organisasi (Sumber: Manisma/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Manajemen organisasi berjalan baik jika pengelolaan waktunya sehat, sebab kedua hal tersebut berkesinambungan. Founder Forum Pemuda Visual (FPV) Romi Kurniawan mengatakan, pengelolaan waktu perlu dilakukan dalam organisasi agar ada kontrol di dalamnya.

“Jika kita sudah mampu memanajemen waktu maka, ke depannya kita bisa menata kegiatan sesuai dengan waktu yang ada,” katanya, Sabtu (08/10).

Lanjutnya, sebelum bergabung dalam organisasi hal utama yang perlu dibangun sebagai fondasi dasar adalah mengenal bagaimana organisasi tersebut. “Hal ini dilakukan supaya organisasi tersebut dapat berjalan lancar, seperti mengetahui tujuan organisasi, memahami tupoksi masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, kata dia anggota organisasi harus mampu bekerja, serta memiliki loyalitas dan semangat yang tinggi. Karena hal tersebut bakal mempengaruhi jalannya organisasi. “Suksesnya suatu organisasi tergantung dari semangat dan loyalitas sumber daya manusianya,” pungkasnya.

Kendati demikian, organisasi juga mesti memiliki pedoman dalam melakukan pergerakan, agar tetap berjalan sesuai koridornya. “AD/ART hadir untuk membantu organisasi menjalankan tugasnya, karena lewat aturan ini nanti dijelaskan lingkup kerja kita,” ujarnya ketika kegiatan LKD FDIK.

“Setiap anggota harus paham akan AD/ART ini, karena organisasi berjalan dengan merujuk kepada aturan ini. Mirisnya sekarang AD/ART hanya dibaca ketika Mubes saja,” tambahnya.

Ia menuturkan, AD/ART hadir sebagai perantara untuk menyatukan tujuan seluruh anggota organisasi. “Organisasi dikatakan baik ketika anggota sudah satu visi, dan mampu bergerak bersama-sama,” tuturnya.

Sementara itu, dalam mengelola organisasi penting juga memiliki seseorang untuk memimpin, agar dapat mengarahkan anggota dalam mencapai tujuan. “Hal ini juga dijelaskan dalam hadis bahwa jika ada kelompok atau organisasi maka, perlu pemimpin di dalamnya,” sebutnya.

“Pemimpin inilah nanti memandu dalam mewujudkan visi misi dari organisasi,” sambungnya.

Ia menyebutkan, untuk menunjang pergerakan organisasi, penting bagi anggota membuat rancangan kerja yang dibutuhkan, serta harus dicanangkan juga sebelumnya. “Lewat rancangan ini kita bisa menarik dan merekrut anggota lain sehingga, terwujudnya organisasi yang baik,” tutupnya. (ndn)

Wartawan: Rayhan Fadillah

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

UKM Musik Kampus Gelar Maulid Nabi 1444 H

Next Post

Hari Kedua LDK, HMJ KPI Bahas Soal Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat