Hindari Kuman di Dapur, Berikut Langkahnya

Peralatan dapur kurang terawat (sumber: istockphoto.com)

Suarakampus.com- Rumah tempat ternyaman untuk melepaskan dahaga setelah seharian beraktivitas di luar dan dapur sejatinya bagian istimewa yang harus dirawat. Pasalnya jika dapur kotor, maka kuman dan bakteri bakal berkembang, sehingga makanan tidak baik dikonsumsi karena kehigienisannya dipertanyakan.

Perlu diketahui masakan yang tidak higienis sangat berdampak bagi kesehatan. Untuk itu kebersihan dapur haruslah dijaga oleh setiap penghuni rumah.

Untuk itu berikut kiat-kiat menjaga kebersihan area dapur agar terawat:

Ganti Spons Secara Berkala

Spons yang digunakan setiap hari untuk mencuci peralatan masak, namun banyak orang yang mengabaikan kebersihan spons, akibatnya kuman dan bakteri hinggap disela-sela spons.

Untuk menghindari penyakit, sebaiknya ganti spons secara berkala. Selanjutnya kain atau celemek tak lupa juga dicuci agar tidak menjadi sarang bakteri, sehingga bisa megurangi penyebaran bakteri di dapur.

Bersihkan Dapur Setiap Hari

Bersihkan dapur dengan cara menyemprot disinfektan ke seluruh permukaan meja dapur, kompor, tempat cuci piring, serta sudut dapur. Karena dapur sangat rentan menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri

Rutin Cuci Peralatan Masak

Meski dapur terletak disisi belakang rumah, kebersihan dapur harus dijaga sebaik mungkin. Pastikan peralatan masak dicuci seperti piring, spatula, gelas, panci dan semua alat masak dengan bersih sesudah memakainya.

Selain peralatan, tempat sampah juga bisa menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri serta mengeluarkan bau tidak sedap. Maka dari itu bersihkan tempat sampah secara rutin, pisahkan sampah basah dan kering.

Gunakan Papan Pemotong yang Berbeda

Bedakan papan pemotong yang berbeda untuk memotong sayur, daging, buah. Cuci papan pemotong dan perangkat masak setelah digunakan.

Perlu dicatat, papan pemotong biasanya mengandung tiga kali lebih banyak dari pada jumlah bakteri yang terdapat di toilet. Untuk itu, kebersihannya harus dijaga dengan baik.

Bersihkan Kompor Setelah Memasak

Kompor bagian terpenting dalam memasak, meski begitu banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihannya. Demi menjaga kebersihan kompor lap bagian kompor yang terkena noda dan buatlah jadwal mingguan mencuci kerangka kompor, yang bisa dicuci untuk meminimalisir kuman. (ulf)

Penulis: Mizwa Anggraeni

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Cara Menambah Berat Badan Ideal

Next Post

Peran Penting Moderasi Keagamaan Ciptakan Stabilitas Negara

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty