Jelang Pelaksanaan KKN, UIN IB Gelar Pembekalan

Pembekalan mahasiswa KKN di Gedung J Academica Center dan Multiporpose, Kampus III UIN IB Padang. (Sumber: Isyana/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Pra Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), UIN Imam Bonjol Padang adakan pembekalan. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung J Academica Center dan Multiporpose, Kampus III, Rabu (03/07).

Selaku Tim pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mufti Ulil Amri mengatakan, kegiatan ini sebagai bekal bagi mahasiswa untuk melaksanakan KKN serta aktivitas yang akan dijalani. “Agar mahasiswa tau apa yang akan dilakukan ketika KKN,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa tujuan dari pembekalan ini supaya mahasiswa dapat menyadari pentingnya pengabdian kepada masyarakat serta mengetahui fungsi dari KKN. “Karena ada dari sebagian mahasiswa belum menyadari fungsi dari KKN tersebut,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mahasiswa non reguler hanya wajib mengikuti teori pelaksanaan KKN. “Sedangkan mahasiswa KKN reguler juga mendapatkan materi dari pemberdayaan dari kabupaten masing-masing,” tambahnya.

Ia mengatakan, di hari pertama sampai hari ketiga mengenai pembagian pembekalan dari segi lokasi berdasarkan kabupaten. “Hari pertama 4 kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Dharmasraya, Lalu hari kedua 3 kabupaten yaitu Agam, Tanah Datar, dan Lima Puluh Kota, kemudian pada hari ketiga Padang Pariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat,” jelasnya.

Kendati demikian, ia menuturkan, pembekalan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. “Prinsip pembekalan sama, secara teknis hampir sama dan berbeda secara jenis sehingga jenis materi yang disampaikan berbeda,” ujarnya.

Ia berharap, mahasiswa/i yang mengikuti KKN dapat menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi serta mahasiswa dapat melihat dunia secara langsung. “Pesan untuk mahasiswa KKN jaga diri, jaga kehormatan diri terutama perempuan dan kesehatan,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang mahasiswa Fakultas Syariah, yang juga merupakan peserta KKN Solok, menyebutkan bahwa telah dilakukan juga survey lapangan atau lokasi KKN. “Untuk keberangkatan jadwalnya senin tanggal 8 Juli 2024,” sampainya. (rhm)

Wartawan: Isyana Nurazizah Azwar (Mg), Ulmi Rahmadani (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Wujudkan Akreditasi Unggul, Prodi KPI UIN IB Lakukan Persiapan Maksimal

Next Post

WR II: Gedung Student Center Bakal Dibangun di Kampus III

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty