Hari Pertama PJTD, Korlip Suara Kampus Sampaikan Materi Pers Mahasiswa dan Nasional

Korlip Suara Kampus (Sumber: Doc. pribadi)

Suarakampus.com-Keberadaan pers sebagai lembaga sosial sekaligus wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik sangatlah penting. Meski begitu pers sendiri terbagi atas Pers Mahasiswa dan Pers Nasional.

Untuk memperkuat pemahaman terkait jurnalistik, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang mengangkat materi Pers Mahasiswa dan Nasional pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Jumat (22/10)

Koordinator Liputan (Korlip) LPM Suara Kampus, Firga Ries Afdalia mengatakan tugas pokok pers ialah meliput, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, video dan grafik. “Nantinya data yang telah diolah akan disuguhkan menggunakan media cetak, elektronik maupun jenis saluran lainnya,” katanya.

Selain sebagai pengawas kebijakan pejabat publik, pers sendiri kata dia bertugas memberikan informasi dan media komunikasi yang mendengar suara rakyat kecil. “Pers ini dapat dijadikan wadah aspirasi dari rakyat kecil,” terangnya.

Ia menuturkan meski tugas Pers Mahasiswa dan Nasional hampir telihat sama, keduanya memiliki perbedaan tersendiri baik berdasarkan ruang lingkup dan segi hukum. “Pers Mahasiswa berdiri atas izin rektor dan jajarannya,” tuturnya.

Sambungnya, jika terjadi permasalahan maka Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) berhak untuk melindungi dan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Firga berharap dengan adanya materi Pers Mahasiswa dan Nasional pada PJTD, calon anggota magang dapat mengetahui ruang lingkup dari masing-masing pers. “Semoga calon anggota magang nantinya bisa mempraktekan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Setelah menerima materi, salah seorang peserta PJTD Siti Hasanah bersyukur bisa mendengar penjelasan terkait pers, sehingga sedikit banyaknya ia bisa memahami apa itu pers. “Semoga apa yang telah dipelajari pada PJTD tadi bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari, ” inginnya. (ulf)

Wartawan: Salsabila Aulia Putri, Rayhan Fadillah dan Izzatu Nisa Syafa

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Calon Anggota Magang Suara Kampus Ikuti PJTD

Next Post

Pentingnya Calon Anggota Magang Pahami Dasar-dasar Jurnalistik

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty