Pentingnya Calon Anggota Magang Pahami Dasar-dasar Jurnalistik

Wapemred Bidang Pemberitaan Online Suara Kampus tengah menyampikan materi (sumber: istimewa)

Suarakampus.com- Wakil Pemimpin Redaksi (Pemred) Bidang Pemberitaan Online LPM Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang, Fachri Hamzah mengatakan terdapat dasar-dasar ilmu jurnalistik yang mesti dipelajari calon anggota baru. Katanya, ilmu jurnalistik merupakan proses awal dalam menghasilkan sebuah karya berita.

“Proses awal mulai dari mencari dan mengumpulkan data, sampai akhirnya tersajikan menjadi sebuah berita,” katanya saat mengisi materi Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Jumat (23/10).

Untuk isu sebuah berita, kata dia juga harus mengandung 5W+1H agar dapat menjawab semua persoalan dan berbalut nilai berita. “Setiap fakta itu belum tentu berita, tapi berita itu adalah fakta,” tuturnya.

Meski begitu, katanya dalam membuat berita mesti memiliki data awal sebelum menemui narasumber dan menguasai isu yang akan diliput. “Tentu hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari fakta-fakta lainnya,” terangnya.

Ia berpesan penyertaan opini pada berita sangatlah dilarang, sebab seorang wartawan dituntut untuk patuh pada kode etik jurnalistik. “ketika membuat berita harus patuh pada kode etik jurnalistik, sehingga ia menjadi wartawan yang baik dan benar secara etika,” harapnya. (ulf)

Wartawan: Salsabila Aulia putri, Rayhan Fadillah dan Izzatul Aulia.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hari Pertama PJTD, Korlip Suara Kampus Sampaikan Materi Pers Mahasiswa dan Nasional

Next Post

Menjelang Kuliah Tatap Muka, UIN IB Kembali Gelar Vaksinasi Massal

Related Posts
Total
0
Share