Liga Champions Eropa: Sentuhan Magis Tuchel Kunci Kemenangan The Blues

Sosok pelatih Chelsea FC, Thomas Tuchel (Foto: Instagram/chelseafc)

Suarakampus.com- Chelsea berhasil meraih poin penuh dalam lanjutan babak 16 besar Liga Champions Eropa Leg pertama dengan skor akhir 0-1. The Blues berhasil menang tipis atas Atletico Madrid Rabu (24/02) dini hari di Stadion Arena Nationala, Bucharest.

Kemenangan ini tidak terlepas dari racikan strategi yang diatur oleh Thomas Tuchel. Sejak awal pertandingan, menejer asal Jerman tersebut mampu membuat Marcos Alonso dan tim tampil mendominasi, menerapkan tempo pertandingan yang tinggi dan penjagaan yang ketat untuk pemain depan Atletico.

“Kami tahu mereka siap menderita dengan menumpuk delapan pemain di kotak penalti, maka dari itu kami terus menjaga intensitas tinggi dan itu kami lakukan denga baik,” Ucap Tuchel dikutip dari situs resmi UEFA.

Menggunakan formasi 3-4-1-2 dengan gaya bermain menguasai pengusaan bola, mengurung dan tidak memberi kesempatan Atletico Madrid untuk melakukan serangan balik berhasil membuat The Blues leluasa melakukan serangan. “Kami tidak pernah membiarkan mereka bernapas atau keluar untuk melakukan serangan balik, kami mendapatkan hadiah besar dengan hasil ini. Ini adalah salah satu tantangan berat, untuk membuka pertahanan seperti Atletico,” ungkap Tuchel.

Strategi Tuchel berbuah manis saat menit menit ke-68, gol akrobatik salto dari Olivier Girud berhasil membawa The Blues raih kemenangan dan satu langkah meuju perempat final.

Gol tunggal dari Giroud merupakan gol yang istimewa, sebab disamping prosesnya luar biasa, pemain yang berusia 34 tahun ini terakhir membobol gawang lawan di fase 16 besar Liga Champions pada 17 Maret 2015, kala itu ia berhasil membobol gawang AS Monaco pada leg kedua saat masih membela Arsenal.

Berdasarkan statistik pertandingan The Blues berhasil menguasai bola 59% membuat 684 umpan dengan akurasi umpan 87%, sedangkan Los Rojiblancos hanya mampu menguasai bola 41% umpan 402 da akurasi umpan 75%

Meski telah mengamankan pertandingan leg pertama ini, The Blues akan menjamu Atletico Madrid leg kedua di Stadion Stamford Bridge 18 Maret mendatang. (gfr)

Wartawan: Ahmad Fernanda

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Kasus Kekerasan Seksual Masa Pandemi Terus Meningkat

Next Post

TV Analog akan Migrasi Ke Digital pada Tahun 2022

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty