Lima Manfaat Begadang yang Jarang Disadari

Sumber Foto: klikdokter.com

Suarakampus.com- Pandemi ternyata tidak hanya berdampak terhadap kesehatan, kehidupan sosial, dan ekonomi saja. Tetapi juga berdampak terhadap pola kebiasaan kita. Salah satunya pola tidur.

Selama masa pandemi, kebanyakan orang lebih suka begadang karena efek dari pola hidup yang ikut berubah lantaran diharuskan bekerja atau belajar bagi mahasiswa cukup dari rumah saja. Banyak hal yang dapat dilakukan ketika begadang, seperti bikin tugas (dikejar deadline), nonton film, baca buku, atau overthinking karena hidup masih begini-begini saja, belum lagi ditambah dengan rasa pesimis menghadapi awal tahun yang masih dipenuhi dengan ketidakpastian ini. Kemudian ada yang mengatakan bahwa orang yang sering begadang identik dengan pengangguran dan beban keluarga. Walau tidak sepenuhnya salah, tapi ada benarnya juga, sih.

Sebelum berkesimpulan buruk tentang begadang, ternyata kebiasaan satu ini juga memiliki manfaat yang jarang diketahui orang. Dilansir dari laman idntimes.com, berikut lima manfaat dari begadang:

1. Menjadi lebih pintar

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personal and Individual Differences mengungkapkan bahwa mayoritas anak yang cerdas terbiasa tidur larut malam dan bangun terlambat. Sebenarnya begadang tidak akan membuat seseorang lebih pintar. Akan tetapi, jika seseorang begadang karena melakukan hal yang bermanfaat sampai larut malam, seperti belajar, membaca, menulis, maka hal ini tentunya membuat orang yang sering begadang menjadi lebih cerdas daripada mereka yang tidak begadang. Jadi kesimpulannya, begadang itu bermanfaat bagi seseorang jika selama begadang ia melakukan aktifitas yang bermanfaat.

Banyak tokoh besar yang memiliki kebiasaan begadang, seperti Albert Einstein, Nicolas Tesla, Nelson Mandela, Bung Karno dan masih banyak lainnya. Tapi jangan berharap ingin seperti mereka jika waktu begadang digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif.

2. Meningkatkan kekuatan

Selain kecerdasan, kekuatan fisik juga dapat meningkat bagi orang-orang yang gemar begadang. Sebuah penelitian dari University of Alberta menemukan bahwa sementara kekuatan manusia di pagi hari tetap konsisten sepanjang hari, tetapi orang yang suka begadang justru menunjukan puncak kekuatannya di malam hari. Hal ini dimungkinkan terjadi karena adanya peningkatan korteks motorik dan rangsangan sumsum tulang belakang di malam hari.

3. Meningkatkan kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan mendapatkan ide brilian

Disadari atau tidak, banyak orang yang mengaku lebih suka bekerja di malam hari karena di saat ini lah ide-ide brilian biasanya bermunculan. Pernyataan ini juga diperkuat dengan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personal and Individual Differences, yang menemukan bahwa orang yang suka begadang cenderung lebih dapat menemukan solusi kreatif untuk setiap masalah.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Kendati kamu sering begadang, tapi asalkan tiap harinya kamu mendapatkan jam tidur yang cukup, hal ini benar-benar dapat meningkatkan kewaspadaanmu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, didapatkan hasil bahwa peserta yang tidur larut malam memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih lama daripada mereka yang tidur lebih awal di malam hari.

5. Tubuh lebih rileks di pagi hari

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, mereka yang tidur lebih lambat memilki tingkat kortisol yang lebih rendah di pagi hari, hal ini membuat orang yang tidur larut malam memiliki tingkat stres yang rendah.

Demikianlah beberapa manfaat begadang, tapi tetap harus dicatat bahwa tidak semua orang memiliki metabolisme tubuh yang bisa beradaptasi dengan kebiasaan begadang. Jadi bagi kawan-kawan yang tidak cocok begadang, jangan memaksakan diri. Toh lima manfaat di atas juga bisa diperoleh tanpa begadang. (Ndt)

Penulis: Wildan Yusro Bintang

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Eks Pembalap Nasional, Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia di Usia 69 Tahun

Next Post

Catatan Akhir Tahun 2020, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Sumatera Barat

Related Posts
Total
0
Share