Pesona Alam Wisata Danau Singkarak

Danau Singkarak (Foto: jejakpiknik.com)

Suarakampus.com-Salah satu danau terluas di Pulau Sumatra adalah Danau Singkarak. Danau ini memiliki berbagai keindahan yang memanjakan mata pengunjungnya. Tidak heran jika masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) maupun luar menjadikan Danau Singkarak ini sebagai objek wisata setiap tahunnya.

Danau singkarak dapat anda tempuh dari Kota Solok dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kalau dari Kota Padang ke Danau Singkarak memiliki jarak kurang lebih 70 kilometer (Km) dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Dilansir dari wisatakita.com, Danau Singkarak memiliki luas kurang lebih 108 km yang membentang luas di antara dua wilayah di Sumbar, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Danau Singkarak juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang airnya dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak yang berbatasan langsung dengan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Selain menjadi sumber tenaga PLTA, wisata Danau Singkarak juga cukup dikenal di kalangan turis domestik, hal ini dikarenakan Danau Singkarak memiliki event tahunan yang berkelas internasional yang bernama Tour De Singkarak, yaitu ajang lomba balap sepeda yang diikuti oleh pembalap sepeda dari berbagai negara.

Ketika kita berada di Danau Singkarak, kita dapat berenang, naik sampan mengelilingi danau, memancing, atau hanya sekedar berkumpul di pinggir danau menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya itu, di sekitaran danau juga terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai jenis kuliner yang bisa disantap ketika menikmati keindahan danau.

Jika anda ingin menikmati keindahan Danau Singkarak dari jauh, anda bisa melihatnya dari puncak Bukit Cinangkiak atau Puncak Chi Nang Kiek. Tempat wisata ini masih terbilang baru di daerah Danau Singkarak, jadi jangan sampai lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen saat berlibur ke tempat ini bersama keluarga dan teman-teman.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Danau Singkarak juga terkenal dengan spesies ikan endemiknya yang bernama ikan bilih. Ikan bilih merupakan spesies ikan yang hanya hidup di Danau Singkarak saja. Maka tak heran jika oleh-oleh yang dibeli oleh pengunjung saat berwisata ke Danau Singkarak adalah ikan bilih.

Tunggu apalagi, ajak keluarga dan teman-teman anda untuk berwisata ke Danau Singkarak sekarang juga. (rta)

Penulis: Dinni Jannatul Putri

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

HMJ PMI Galang Dana untuk Korban Bencana Alam di NTT

Next Post

LPM Suara Kampus Umumkan Pemenang Lomba Menulis Opini

Related Posts
Total
0
Share