LLA-TJPHK II tahun 2023 Resmi Dibuka Oleh Wagub Sumbar

Suarakampus.com- Wakil Gubenur Sumatra Barat Audy Joinaldy, resmi buka acara Lomba Lintas Alam, Telusur Jejak Perjuangan Harimau Kuranji (LLA-TJPHK) II tahun 2023 di Aula Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Jumat malam (22/9/2023). Pembukaan alek LLA-TJPHK II tahun 2023 ini diikuti puluhan kelompok pecinta alam (KPA) se-Sumbar.

Dalam sambutannya, Audy mengapresiasi kegiatan LLA-TJPHK II tahun 2023, karena merupakan gelaran yang kreatif dan inovatif dalam mengenang Perjuangan Harimau Kuranji. Karena pendiri bangsa ini tak terlepas dari empat serangkai, Soekarno, M Hatta, Tan Malaka dan Sutan Syahrir. Yang sebagian mereka berasal dari Sumbar.

“Kemudian pencetus Pancasila, juga ada yang berasal dari Sumbar, yakni M Yamin, Soepomo dan Soekarno, jadi mustahil Sumbar tak Pancasilais,” tuturnya.

Kemudian, Audy meminta sejarah Harimau ditulis dan melestarikan seluruh rumah pelaku perjuangan Harimau Kuranji. “Apabila rumah mereka kita jadikam museum,” katanya.

Kegiatan LLA-TJPHK II ini diharapkan peserta sportif dalam bertandang. “Karena kalah dan menang dalam lomba sudah biasa,” harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, LLA-TJPHK II tahun 2023 bagan dari kegiatan peduli nilai perjuangan Batalion Harimau Kuranji dan peduli lingkungan. “Kegiatan ini bukan sekadar hobi lomba Lintas Alam saja, akan tetapi generasi muda memahami sejarah perjuangan Harimau Kuranji sebagai bagian perjuangan pejuangdari Sumbar,” ujar Evi Yandri.

Kegiatan LLA-TJPHK II yang diangkat melalui Pokir Evi Yandri ini juga dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila ke 57 dan Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2023. Juga Peringatan hari jadi Provinsi Sumbar ke 78 tahun 2023.

Kemudian, pembukaan acara ini diisi oleh penampilan musik puisi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater UIN IB Padang, setelah itu  penayangan film dokumenter Perjuangan Harimau Kuranji. Dan sekaligus dialog tentang Perjuangan Harimau Kuranji dengan narasumber anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman dan Kepala BPNB Sumbar Undri. (red)

Wartawan Fajar Hadiansyah

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

UKM Musik Kampus UIN IB bakal gelar IB-Fest 2023

Next Post

Himatika FTK UIN IB, Gelar Seminar Nasional

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty