Mahasiswa KKN UIN IB, Bantu Masyarakat Pasca Banjir Bandang di Limo Koto

Dokumentasi Saat Mahasiswa KKN UIN IB Turut Membantu Korban Banjir (Sumber: ist/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN IB Padang, Nagari Limo Koto, Kabupaten Pasaman berpartisipasi membantu pemerintah pasca banjir bandang pada Rabu (19/07). Kejadian tersebut berada tepat di Kampung Jambak, Jorong Pandam, Nagari Limo Koto.

Selaku Ketua KKN, Muhammad Sabda Khatami mengatakan bahwa sebanyak dua orang mahasiswa KKN diutus langsung ke lokasi saat kejadian berlangsung. “Dua mahasiswa KKN diutus untuk memeriksa ada atau tidaknya korban,” ujarnya.

Lanjutnya, bersama dengan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD), mahasiswa KKN diminta untuk mendata korban yang terkena banjir bandang pada hari tersebut. “Tujuan didata untuk memberikan bantuan seperti konsumsi dan obat-obatan,” ucapnya.

Kata dia, sebanyak 150 orang menjadi korban banjir bandang tersebut, hingga sampai saat sekarang masih mengungsi di posko-posko terdekat. “Kondisi terkini keadaan sudah kondusif dan debit air juga sudah normal,” jelasnya.

Salah satu warga, Panji menuturkan bahwa beberapa rumah warga hancur dan musholla di sekitar sungai hampir roboh. “Material warga juga banyak yang rusak sebab banjir bandang tersebut,” jelasnya.

Panji menyampaikan, hujan tidak berjenti sejak sore hari hingga malam hari sehingga warga mulai mengungsi di sekitar Sekolah Dasar (SD) yang letaknya lebih tinggi pada jam 09.00 WIB. “Banjir bandang sudah dua kali sejak satu tahun yang lalu, namun ini yang lebih parah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, saat kejadian berlangsung mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang dengan sigap membantu warga dan pemerintah. “Mereka datang jam 02.00 WIB dini hari dan membantu para korban hingga saat sekarang,” lugasnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Pandam, Akmal memyampaikan bahwa kejadian sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB, dan hari ini masyarakat melakukan perbaikan keadaan sekitar. “Banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dan sempitnya penyumbatan air,” ungkapnya.

Kemudian, saat ini mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang bersama pemerintah sedang membersihkan puing-puing pohon tumbang, dan rumah warga yang terdampak. “Kami sudah membuat beberapa posko untuk warga dan ada juga puskesmas,” sambungnya.

Akmal menyampaikan, rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang yang sudah ikut terjun langsung membantu pemerintah dalam musibah tersebut. “Kami mengungkapkan terima kasih yang besar kepada mahasiswa KKN yang sudah membantu dan berpartisipasi sejak kejadian berlangsung hingga hari ini,” tutupnya. (ifw)

Wartawan: Ummi Nadia dan Zaitun Ul Husna

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Perdana Nagari Tanjuang Balik Adakan Pawai Obor, Memeriahkan Tahun Baru Islam

Next Post

Musibah Pertengahan Bulan, Tuhan yang Disalahkan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty