Mahasiswa Prodi PGMI Pelajari Seputar Ilmu Pramuka Lewat KMD

Kegiatan KMD ke VI di UIN IB (Sumber: Rolla/suarakampus.com)

Suarakampus.com- 167 Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Imam Bonjol Padang mengikuti kegiatan Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD) ke VI. Hal tersebut bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa perihal ilmu seputar Pramuka.

Ketua Kursus KMD, Misrawati mengatakan kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan, dan dalam mensukseskannya Prodi PGMI UIN IB bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Latihan Dasar Tingkat Daerah (Pusdiklatda).

Katanya, peserta bakal diberikan ijazah sebagai simbol telah melakukan kegiatan KMD. “Saat ini, kebanyakan sekolah dasar meminta ijazah KMD,” ucap Staf Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar itu saat ditemui suarakampus.com, Selasa (08/03).

Misrawati menuturkan, kegiatan KMD dilangsungkan mulai 08-17 Maret 2022 mendatang, dengan melibatkan 10 pelatih. “Enam hari materi dalam ruangan, dan empat hari di lapangan di Tiger Camp, Lubuk Minturun,” tuturnya.

Kendati demikian, menurutnya penggabungan peserta dalam satu kelompok saat penyampaian materi di kelas kurang efektif. Akan tetapi, kata dia, sejauh ini belum ada masalah. “Semestinya dibagi beberapa kelompok, supaya lebih mudah menyerap materi,” ungkapnya.

Ia menginginkan Mahasiswa Prodi PGMI bisa memahami dasar-dasar ilmu seputar Pramuka yang bakal diajarkan sembilan hari ke depan. “Kita akan mengajarkan dasar-dasarnya, dan mudah-mudahan mahasiswa bisa menyerap ilmu itu dengan mudah,” harapnya.

Sementara itu, Peserta Kegiatan KMD,  Ralimi menjelaskan selain mendapatkan ilmu melalui kegiatan ini, ijazah KMD merupakan syarat untuk melaksanakan ujian Kompre. “Selain sebagai penunjang keahlian terkait Pramuka, nanti juga akan ada ijazah kegiatan KMD,” ucapnya.

Ia berharap dengan mengikuti kegiatan KMD, nantinya akan memudahkan dirinya menguasi materi, dan sebagai modal belajar dalam hal Pramuka. “Semoga nantinya yang mengikuti kursus lebih diutamakan menjadi pembina dalam kegiatan Pramuka,” tuturnya.

Wartawan : Rolla Purnama Sari (Mg).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Berhenti untuk Memulai

Next Post

Ketua Satgas Covid-19 UIN IB: Tidak Perketat Aturan Prokes

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat