Malam Lailatul Qadar Lebih Baik Dari 1000 Bulan

Sosok Muhammad Idris (Foto: Nada Andini/suarakampus.com,)

Suarakampus.com- Tahsin Tafsir Tahfiz Alquran (T3Q) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar kegiatan kajian bertajuk Rahasia 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan Perspektif Alqur’an dan Hadis. Kegiatan tersebut menghadirkan Dosen UIN Imam Bonjol Padang Muhammad Idris secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Minggu (02/05).

Mengawali pembicaraan, Idris mengatakan kajian tersebut membahas mengenai rahasia 10 malam terakhir bulan Ramadan perspektif Alquran dan hadis. “Begitu banyak dari kita yang merindukan dan menunggu datangnya Ramadan serta juga ada orang belum diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini,” katanya.

Lanjutnya, banyak keutamaan yang kita dapat pada 10 malam terakhir Ramadan, kita dapat merujuk kepada sabda Rasulullah. “Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengatakan Nabi selalu membangunkan keluarganya pada 10 malam terakhir dari bulan Ramadan,” ungkapnya.

Idris menuturkan dari hadis tersebut dapat kita pahami, ternyata pada 10 malam terakhir terdapat banyak keutamaannya. “Rasulullah SAW lebih bergiat melakukan ibadah Qiyamul Lail,” tuturnya.

Ia menjelaskan di malam 10 terakhir tersebut terdapat yang namanya malam Lailatul Qadar. “Malam yang apabila kita mendapatkannya maka Allah akan memberi ganjaran lebih baik dari malam 1000 bulan,” jelasnya.

Idris menyebutkan, amalan yang dapat kita lakukan selama 10 malam terakhir Ramadan ada beberapa macam. “Semisal I’tikaf, tadarus Alquran, memperbanyak salat malam dan memperbanyak zikir kepada Allah,” ungkapnya.

Idris berharap semoga kita dapat memanfaatkan malam 10 terakhir Ramadan ini untuk memperoleh rahmat-Nya. “Semoga kita bertemu malam yang paling mulia yaitu Lailatul Qadar,” harapnya. (gfr)

Wartawan: Nada Andini (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Suasana diskusi bersama AJI Padang (Foto: Bima/suarakampus.com)

Jurnalis Dituntut untuk Multitalenta

Next Post

HMP SAA Adakan Lomba MTQ Virtual

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty