Manfaat dari Menguasi Public Speaking

Penulis: Fajar Hadiansyah

(Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab UIN Imam Bonjol Padang)

Public speaking adalah seni berkomunikasi secara lisan untuk menyampaikan sebuah ide, gagasan, pesan serta pendapat dengan cara metode dan struktur tertentu. Maka dari itu, cara bicara yang baik itu perlu dilakukan agar yang disampaikan terdengar jelas dan murah dipahami oleh lawan bicara.

Memiliki kemampuan public speaking juga harus disertai dengan rasa percaya diri, ketika saat menyampaikan sebuah materi kepada pendengar. Pasalnya, hal ini bisa menjadi nilai tambah.

Berikut tujuan public speaking:

1. Menyampaikan motivasi
Melalui public speaking, seseorang bisa menyampaikan motivasi kepada orang lain. Karena, dengan cara penyampaian yang menarik hingga penggunaan kalimat yang tepat mampu merubah cara pandang orang lain terhadap motivasi yang tengah diberikan.

2. Memberi Informasi
Menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak merupakan tujuan dari public speaking. Sebab, informasi yang disampaikan tersebut sangatlah efektif, seperti berita dan penyuluhan.

3. Mempengaruhi audience
Seorang public speaking juga harus membuat audience tertarik mendengarkan topik yang dibawakan sampai akhir sesi. Tujuan yang satu ini sering dipakai saat menyampaikan materi di forum diskusi.

4. Mengendalikan Situasi
Keahlian berbicara juga dapat digunakan saat mengontrol suasana dan kondisi sekitar. Seorang public speaking dapat mengambil alih di saat forum tersebut hening.

Adapun manfaat public speaking yang jarang diketahui orang. Manfaatnya yaitu:

1. Kepercayaan Diri yang Meningkat
Berbicara di khalayak ramai dengan adanya skill public speaking sangat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara. Seperti, menjadi narasumber dalam sebuah forum diskusi.

2. Modal dalam berbisnis
Melakukan pemasaran sebuah produk kepada konsumen atau investor, seorang pebisnis harus menguasai public speaking ini. Karena, sangat berpengaruh baginya supaya pelanggan yakin terhadap produk yang  dijual.

3. Menumbuhkan skill leadership
Seorang pemimpin dalam berkomunikasi dengan anggotanya harus menguasai public speaking yang baik. Hal itu sangat berdampak baik baginya dalam memimpin anggota di bawah naungannya.

4. Mudah Bergaul
Manfaat yang paling menjanjikan dari public speaking yaitu bakal membuat seseorang mudah bersosialisasi di kehidupan sehari-harinya. Sebab, lawan bicara akan merasa nyaman dengan cara bicara.

5. Menyampaikan ide dengan lancar
Berbicara di depan publik atau saat diskusi, sangat bermanfaat bagi  yang memiliki kemampuan berbicara di depan umum tersebut. Karena, ide yang  dikeluarkan akan jelas mudah dipahami oleh audience.

Maka dari itu, kita harus mampu membangun skill public speaking yang baik sebagai nilai tambah.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bangun Semangat dan Daya Saing Mahasiswa, HMP HES Gelar PKM Selingkup Prodi

Next Post

Jokowi Minta PSSI Berhentikan Sementara Kompetisi Liga Satu

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat