Penting Bagi Mahasiswa Ikut dalam Kajian Fikih Islam untuk Menambah Wawasan Keislaman

Sosok Pengelola Yayasan Syafii Idris (Rumah Bina Umat), Supardi (Foto: Rifda/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Rumah bina umat bakal laksanakan kajian fikih Islam bersama Dosen Fakultas Syariah lulusan Madinah, M. Rido Nur pada 13 November 2022 mendatang. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Yayasan Syafii Idris Jalan Lakator No. 59, Lapai, Padang.

Pengelola Yayasan Supardi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rutinitas bulanan yayasan dan agenda bulanan juga di sana. “Kajian ini kami peruntukkan kepada umum namun diutamakan bagi mahasiswa,” katanya, Jumat (11/11).

Lanjutnya, kajian fikih Islam sudah mulai berjalan sejak Februari 2022 lalu, biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan pada minggu ketiga tiap bulannya. “Bulan ini kami sengaja memajukannya menjadi minggu kedua,” tuturnya.

Kemudian, kata dia Yayasan Syafii Idris juga menyediakan Bimbingan Belajar (Bimbel) bahasa Arab, matematika tingkat SMP dan SMA, serta bahasa Inggris untuk mahasiswa. “Banyak kegiatan bermanfaat yang diadakan oleh yayasan dan kebanyakan yang mengikutinya dari mahasiswa Perbandingan Mazhab,” ucapnya.

“Untuk kajian ini juga gratis jadi rugi rasanya jika mahasiswa tidak mau ikut,” tambahnya.

Supardi menuturkan, kajian fikih Islam tersebut berangkat dari banyaknya mahasiswa Fakultas Syariah yang tidak baca buku fikih, sehingga perlu adanya kajian seperti ini agar menambah wawasannya. “Walaupun anak syariah, tapi banyak dari mereka yang tidak membaca buku fikih. Lewat kajian ini nanti bakal menambah pemahaman mereka,” ujarnya kepada suarakampus.com.

“Saya juga tidak mengharapkan imbalan apapun, selagi kita bisa memberi manfaat kepada orang lain kenapa tidak. Melalui ini kita juga akan mendapatkan pahala nanti jika kita ikhlas menjalankannya,” jelasnya.

Ia berharap, hendaknya banyak mahasiswa yang bergabung dengan kajian-kajian seperti itu supaya bertambah ilmunya, jadi tidak sekadar ilmu di kelas saja. “Belajar bukan hanya di kelas saja kalau dapat bikin kelompok-kelompok kecil dan mengundang dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya untuk membimbing kelompok tersebut,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Januarica Amora Putri (Mg), Rifda Fadhilah Dzikra (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Asah Soft Skill Mahasiswa, HMPS Matematika Gelar Math Sport Cup

Next Post

100 Pendaftar Pertama, UKM Menwa Berikan Kaos Seragam pada Pertandingan Lempar Pisau

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat