Mengelilingi Keindahan Panorama Bukit Cambai, Kabupaten Solok

Pemandangan sekitar bukit Cambai, Kabupaten Solok. (Sumber: Rayhan/suarakampus.com).

Suarakampus.com Kabupaten Solok mempunyai banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan di saat liburan. Objek wisata yang disuguhkan di antaranya wisata alam dengan menghadirkan pemandangan yang menakjubkan. Wisata alam tersebut dikenal dengan sebutan Bukit Cambai, terletak di ketinggian, tepatnya Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Bukik Cambai ini telah ada beberapa tahun lalu, dan baru dibuka pada tanggal 22 April 2023.  Sementara untuk fasilitas dan wahana lainnya belum ada, karena tempat wisatanya terhitung masih baru dan masih tahap pembangunan. Bagi setiap pengunjung nantinya akan dikenakan biaya masuk Rp.10.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp.5000.

Bukit Cambai ini mempunyai daya tarik tersendiri, karena dikelilingi pemandangan yang mempesona dari gunung dan danau. Jika menanjak ke puncak Bukit Cambai tersebut, akan tampak empat danau, yaitu Danau Atas, Danau Bawah, Danau Talang, dan Danau Singkarak. Sementara empat gunung yang tampak yakni Gunung Talang, Gunung Singgalang, Gunung Merapi dan Gunung Kerinci.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, daerah yang terkenal dengan suhu udara dingin tersebut, dengan ketinggian ±1800 m di atas permukaan laut, juga disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah dan ladang serta pemukiman penduduk.

Salah seorang petugas wisata itu, Ami mengatakan bahwa wisata tersebut sebenarnya telah ada sejak lama, namun baru dikelola dan masih tahap pembangunan. Kata dia wisata ini belum diresmikan, namun target penyelesaiannya adalah setelah lebaran haji, yaitu bulan Juni 2023. “Wisata ini belum lama dikelola, dan sekarang masih promosi. Untuk ke depannya akan ada perbaikan akses jalan, dan beberapa wahana,” tuturnya.

Kemudian ia mengatakan pada wisata itu nantinya akan dikembangkan wisata alam, dan penginapan serta beberapa wahana. “Di sini akan dikembangkan beberapa wahana, lebih kurang seperti Bukik Cinangkiak,” ucapnya, Sabtu (29/04).

Sementara itu, salah satu pengunjung Zulafnan mengatakan, wisata tersebut ternilai bagus, karena melalui wisata itu kita bisa melihat pemandangan danau. Namun, ia mengeluhkan akses jalan yang masih terbilang tidak terkelola dengan baik, dan adanya tanjakan hingga kendaraan masih susah. “Wisata Bukit Cambai ini bagus, namun jalan menuju ke sana sebaiknya diaspal, karena adanya tanjakan,” tuturnya. 

Lanjutnya, ia berharap agar pengelolaan wisata ini lebih baik lagi, dan tetap mempertahankan harga masuk yang terjangkau oleh masyarakat. Sehingga ke depannya wisata tersebut bisa menjadi ikon kebanggaan Kabupaten Solok. “Semoga perbaikan dan pengelolaan nya lebih baik, dan bisa menjadi ikon Wisata Kabupaten Solok,” tutupnya. (una).

Wartawan: Rayhan Fadillah

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bentuk Amalan yang Perlu Dijaga saat Idul Fitri

Next Post

Tingkatkan Pemeliharaan Lingkungan Kampus, UIN IB Lakukan Kerja Sama dengan PT Zalmi

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty