Menwa UIN IB Laksanakan Tradisi Masuk Satuan

Menwa UIN IB sedang melakukan Apel Pagi (Foto: Nada Andini/suarakampus.com).

Suarakampus.com- Resimen Mahasiswa (Menwa) UIN Imam Bonjol Padang laksanakan Tradisi Masuk Satuan untuk menjadi Anggota Menwa. Kegiatan yang bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu berlangsung sejak 12-29 Maret 2021, Senin (29/03).

Selaku Komandan Menwa, Alwan Muhammad mengatakan bahwa sebelumnya kegiatan tersebut terdiri dari Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) selama tiga hari, kemudian dilanjutkan dengan memberi materi Pendidikan Dasar (Diksar).

“Kami membahas beberapa materi yaitu tahap darat dan laut, kedisiplinan, kepemimpinan dan hal-hal yang berhubungan dengan bela negara,” ungkap Alwan saat ditemui wartawan suarakampus.com.

Sambungnya, kegiatan dilanjutkan dengan Pendidikan Dasar Militer bertujuan memberikan gambaran kepada calon Anggota Menwa bagaimana ke depannya. Setelah itu, akan ada latihan gabungan dan tradisi Pembaretan se-Sumatera Barat pada 3 April 2021 mendatang, di selenggarakan di Yonif 133 Yudha Sakti Air Tawar dan di Marinir Yonmaharlan II.

“Kegiatan Pembaretan tersebut diikuti sebanyak 109 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. UIN IB sendiri mengutus enam perwakilan dan berhasil lolos semuanya,” ucapnya.

Alwan Muhammad mengungkapkan Pembaretan sekarang tidak sama dengan Pembaretan tahun lalu karena kondisi Pandemi Covid-19, susah untuk berkumpul.

“Untuk melaksanakannya diperlukan kekuatan ekstra dan peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti tes swab. Dengan tujuan melakukan latihan pemantapan kepada calon Anggota Menwa,” ungkapnya.

Alwan berpesan kepada anggota baru agar dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapat untuk kampus, bangsa dan juga negara. “Semoga mereka dapat menerapkan dan melaksanakan apa yang telah didapatkan selama ini,” tutupnya. (ulf)

Wartawan: Nada Andini (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Post

Aidil Hikmah Terpilih Sebagai Ketum Dema FDIK Periode 2021-2022

Next Post

Komisioner KPID Sumbar: Peringatan Hari Penyiaran Nasional Punya Sejarah Panjang

Related Posts
Total
0
Share