Pasca Vakum Dua Tahun, PKM UIN IB Kembali Dilaksanakan

Rektor UIN IB Martin Kustati lepas balon sebagai pembukaan PKM (Foto: Ist)

Suarakampus.com- Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati resmi membuka kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas pada Senin (28/03). Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan upacara UIN IB.

Martin Kustati mengapresiasi kegiatan PKM UIN IB yang terbilang sudah menjadi kegiatan tahunan. Kendati demikian, akibat Pandemi Covid-19, PKM Universitas baru tercetus tahun 2022 pasca mengalami kevakuman selama dua tahun.

“Terakhir kali kita mengadakan PKM UIN IB tahun 2019, ketika saya masih menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,” terangnya saat menyampaikan kata sambutan, Senin (28/03).

Sehingga, katanya PKM UIN IB mesti diangkat oleh upaya berbagai pihak dengan dana yang minim, karena tidak tercatat dalam anggaran dana tahunan.

Kendati demikian, kata dia, PKM fakultas yang diadakan sebelumnya membuktikan masih banyak mahasiswa berprestasi yang terlahir dari UIN IB. Sebab, menurutnya prestasi tidak hanya sebatas kemampuan akademi saja. “Ajang PKM ini ialah salah satu ajang prestasi untuk mewujudkan kekompakan diri, dan mengukir prestasi,” katanya.

Ia juga menyoroti, bahwa nantinya pemenang dari PKM Universitas akan menjadi utusan UIN IB ke Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) PTKIN di Bandung. “Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, kalaupun ada kekurangan, mari diselesaikan secara bersama-sama,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKM UIN IB Sermal mengatakan, terdapat berbagai cabang perlombaan yang akan digelar pada 28-30 Maret 2022 mendatang.

Sermal berharap, kegiatan ini dapat menghidupi kreativitas Mahasiswa UIN IB dan dapat dijadikan ajang silaturahmi antar fakultas, meski dengan dana yang minim. “Semoga ke depannya PKM UIN IB bisa lebih meriah dan dimasukkan ke dalam dana anggaran,” harapnya.

Kemudian, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Welhendri Azwar mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan PKM UIN IB. “Terima kasih kepada seluruh panitia, para peserta, bapak atau ibu pembina lembaga kemahasiswaan, dan berbagai pihak yang terlibat dalam acara ini,” katanya melalui pesan grup WhatsApp.

Welhendri berharap, komitmen dan kerja keras dalam acara pembukaan PKM UIN IB bisa tetap dipertahankan. “Tugas kita berikutnya adalah mensukseskan kompetisi atau pertandingan ke depannya,” ucapnya. (ndn)

Wartawan: Ramitha Mawangi (Mg), Kholilah Tri Djuanda (Mg), Zulis Marni (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Peringati 70 Tahun Guru Besar FS, UIN IB Gelar Stadium General dan Bedah Buku

Next Post

Mukosma HMP PMI, Bangun Solidaritas dan Loyalitas Mahasiswa

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty